Waspada Bencana, BPBD Bondowoso Launching Si Gaban

Suasana launching Si Gaban
Suasana launching Si Gaban

Bupati Bondowoso bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten melaunching Sistem Informasi Tanggap Bencana (Si Gaban) di pendopo Bupati, Selasa (26/4).


Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengatakan, Si Gaban berfungsi sebagai media pelaporan dalam rangka penanganan bencana di Bondowoso. 

Selain itu, aplikasi ini juga berisikan peta rawan bencana banjir, kekeringan, gunung berapi, likuifaksi, angin puting beliung, kebakaran hutan dan lahan, gempa bumi dan tanah longsor. 

"Si Gaban bisa digunakan oleh seluruh masyarakat yang berada di wilayah Bondowoso untuk mengetahui ancaman bencana apa saja di wilayah mereka berada," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan dalam sambutannya mengatakan bahwa kesiapsiagaan bencana perlu dibangun dari awal sejak dini dimulai dari lingkungan terkecil, keluarga. Kesiapan masyarakat menghadapi ancaman menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan diterima.

"Upaya penanggulangan bencana bukan kerja sendiri melainkan tanggung jawab bersama," paparnya.

Peluncuran aplikasi Si Gaban juga dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan dan pemahaman risiko bencana, menumbuhkan budaya sadar bencana, serta melatih keterampilan tentang cara-cara yang tepat untuk menyelamatkan diri dari bencana.

"Launching aplikasi sistem informasi tanggap bencana (Si Gaban) dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana nasional tahun 2022,” pungkasnya.

Dalam acara launching Si Gaban tersebut, diakhiri dengan menabuh kentongan sebagai tanda diresmikannya aplikasi tersebut diikuti seluruh peserta yang hadir.