Ratusan WNI di Rusia Shalat Ied di Moskow, Khotbah Bertema Persatuan dan Kesatuan

Warga Negara Indonesia di Rusia menggelar Shalat Ied di Moskow, Rusia/Ist
Warga Negara Indonesia di Rusia menggelar Shalat Ied di Moskow, Rusia/Ist

Idulfitri tak hanya dirayakan masyarakat Indonesia yang tinggal di dalam negeri, melainkan juga WNI yang tinggal di Moskow, Rusia.


Setidaknya ada 200 WNI yang merayakan Idulfitri dan menggelar Shalat Ied di KBRI Moskow, Senin (2/5) waktu setempat.

Setelah sempat absen selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, kumandang takbir dan tahmid kembali bergema di area terbuka lapangan olahraga KBRI Moskow yang dipergunakan menjadi lokasi Shalat Ied.

Penyelenggaraan Shalat Ied diselenggarakan oleh Himpunan Persaudaraan Islam Indonesia (HPII)-Moskow bekerja sama dengan KBRI Moskow.

Ketua HPII-Moskow sekaligus Atase Pendidikan KBRI Moskow, Adi Nuryanto menjelaskan, shalat Ied ini adalah yang pertama setelah 2 tahun absen akibat tingginya Covid-19 di Moskow.

Alhamdulillah karena Covid-19 semakin melandai, Shalat Ied dapat dilaksanakan kembali, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan kepada jamaah yang datang ke lokasi,” ujar Adi Nuryanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/5).

Atase Pertahanan KBRI Moskow, Kolonel Budi Susilo bertindak sebagai imam Shalat Ied, dan Atase Pendidikan KBRI Moskow/ Ketua HPII-Moskow, Adi Nuryanto menjadi khatib.

Khotbah Kolonel Budi mengusung judul “Momentum Lebaran Sebagai Penggugah Pentingnya Menjaga Ukhuwah Islamiah serta Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Disinggung juga pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyah dengan cara meningkatkan kualitas diri dalam interaksi dengan sesama manusia, menjaga kerukunan, membantu mereka yang membutuhkan, dan juga agar kita senantiasa memuliakan orangtua.

“Mari kita songsong hari esok dengan penuh optimis dan membuahkan kinerja optimal, baik sebagai pimpinan, staf, mahasiswa maupun pekerja lainnya dan kesemuanya itu dalam kerangka ibadah kita kepada Allah SWT,” ujar Kolonel Budi Susilo.

Dutabesar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares didampingi Ibu Fitria Wibowo Tavares turut hadir dan menyampaikan pesan hari raya Idul Fitri dalam shalat Ied.

“Atas nama pribadi beserta keluarga dan seluruh jajaran KBRI Moskow, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah kepada seluruh masyarakat Indonesia di Rusia. Mohon maaf lahir dan batin," ujarnya.