Ratusan Chef Dadakan Ramaikan Festival Ikan Bakar Nusantara di Ngawi

Ketua DPC PDI Perjuangan Ngawi Dwi Rianto Jatmiko bersama Bupati Ngawi memasak bareng dalam ajang Festival Kuliner Nusantara/RMOLJatim
Ketua DPC PDI Perjuangan Ngawi Dwi Rianto Jatmiko bersama Bupati Ngawi memasak bareng dalam ajang Festival Kuliner Nusantara/RMOLJatim

Dengan menggandeng pemerintah daerah, DPC PDI Perjuangan Ngawi menggelar Festival Ikan Bakar Nusantara di alun-alun daerah setempat, Sabtu, (25/6). Festival dengan kemasan lomba memasak ini setidaknya diikuti lebih dari 300 peserta dari lembaga pemerintahan maupun perseorangan. 


Dwi Rianto Jatmiko Ketua DPC PDI Perjuangan Ngawi kepada Kantor Berita RMOLJatim mengatakan, festival memasak kali ini merupakan refleksi Bulan Bung Karno dengan sajian kuliner Nusantara dari buku kuliner warisan Bung Karno ”Mustika Rasa”.

"Banyak chef dadakan yang tidak kalah sama mereka yang profesional. Mereka menyajikan kuliner nusantara dan kegiatan ini sekaligus wadah mempertahankan kuliner asli milik bangsa dan daerah Ngawi," terang Dwi Rianto Jatmiko. 

Di sisi lain beber Antok sapaan akrabnya, partainya ingin merayakan perbedaan dalam kebersamaan yang harmoni untuk Indonesia Raya sebagai wujud dari sikap berkepribadian dalam kebudayaan sesuai Trisakti Bung Karno. Juga bagian menggerakkan ekonomi kerakyatan dengan prinsip berdikari.

"Tadi sama beliau Pak Bupati Ngawi (Ony Anwar) keliling dan melihat sekaligus mencicipi sajian kuliner. Pokoknya rasanya mantap kegiatan seperti ini patut digelar rutin," ulasnya.

Di tempat yang sama Ony Anwar, Bupati Ngawi  menjelaskan, peserta memasak menggunakan menu yang diambil dari buku “Mustika Rasa”, dengan pilihan masakan di dalam daerah maupun luar daerah. Misalkan ada rendang, pecel sampai ikan bakar.