Istri Kenang Tjahjo Kumolo: Rajin Tahajud dan Mendengarkan Bacaan Al-Quran Sampai Pagi

Proesei pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata/RMOL
Proesei pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata/RMOL

Meninggalnya Menpan RB Tjahjo Kumolo membawa duku mendalam terutama bagi keluarga. Istri almarhum Tjahjo, Erni Guntarti memiliki banyak kenangan khusus.


“Kenangan banyak sekali,” ujar Erni Guntarti kepada wartawan seusai prosesi pemakaman Tjahjo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7) sore.

Tjahjo Kumolo meninggal di RS Abdi Mulyo Jakarta, Jumat (1/7) pukul 11.00 WIB setelah menjalani perawatan intensif beberapa pekan terakhir akibat sakit infeksi paru-paru yang dideritanya.

Erni Guntarti mengenang mendiang suami sebagai sosok yang bersahaja dan selalu mendukung aktivitas sang istri.

“Bapak selalu mendukung apapun yang saya kerjakan. Karena apa yang saya kerjakan, sebagai dokter waktu itu di klinik DPR, bapak gak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi gak harus di rumah,” kenang Erni.

Namun, pesan almarhum yang paling diingat Erni yaitu punya keinginan meninggal dunia saat menjalankan tugasnya.  

“Gak ada sih (pesan khusus), yang saya ingat bapak ingin meninggal dalam tugas. Itu aja,” tuturnya.

Erni lantas teringat setelah almarhum shalat tahajud, dalam beberapa bulan terakhir ada kebiasaan baru sebelum sang suami wafat.

Mantan Mengadri itu selalu mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran hingga ia tidur menutup lelah setelah beraktivitas.

“Kita gak tahu, berapa bulan bapak kalau tidur selalu mendengarkan alunan ayat suci, yang biasanya gak begitu, itu sudah sebulan itu pas mau tidur sampai tertidur sampai pagi. Kebiasaan baru. Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampai pagi. Itu terakhir yang saya ingat,” pungkasnya.