Bupati Malang Sanusi dapat Gelar Bapak Koperasi dari Ketum Dekopin

Ketum Dekopin, Sri Untari saat Memberikan Predikat Bapak Koperasi Kabupaten Malang ke Bupati Malang, H.M. Sanusi/Ist
Ketum Dekopin, Sri Untari saat Memberikan Predikat Bapak Koperasi Kabupaten Malang ke Bupati Malang, H.M. Sanusi/Ist

Bupati Malang, H.M Sanusi mendapatkan gelar Bapak Koperasi Kabupaten Malang dari Ketua Umum (Ketum) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Dr Sri Untari Bisowarno MAp.


Pemberian penghargaan ini dilakukan pada saat Sarasehan Perkoperasian dan Tasyakuran Hari Koperasi Ke- 75 Tahun 2022 di Aula Dekopinda Kabupaten Malang Jalan Raya Tlogomas Barat Malang. Senin (11/7)

Predikat ini diterima Bupati Malang Sanusi karena dinilai peduli terhadap Koperasi. Hal ini berdasarkan data tahun 2021, jumlah koperasi aktif di Kabupaten Malang mencapai 1.329.

Dalam hal ini, Bupati Malang, H.M. Sanusi mengatakan, bahwa secara bertahap perekonomian nasional telah menunjukkan pertumbuhan yang positif. 

"Pada tahun 2021 mencapai 3,69 persen, atau lebih baik dibandingkan dengan tahun 2020 yang mengalami kontraksi di angka 2,07 persen. Kemudian progres yang positif berlanjut pada kuartal I tahun 2022 yakni mencapai angka 5,01 persen. Kita tentu patut bersyukur saat ini angka kasus penularan Covid-19 di Indonesia sudah melandai. Selain itu kami sampaikan apresiasi kepada Insan Koperasi, serta semua pihak yang telah berkontribusi," tutur Sanusi. 

Kemudian Sanusi juga memaparkan, bahwa untuk berikutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus mengoptimalkan keberadaan koperasi tersebut sebagai wadah pelaku usaha, sekaligus sebagai sumber permodalan dan juga penyangga perekonomian nasional.

“Jadikan kesempatan ini untuk menggali informasi sebanyak mungkin, untuk saling sharing, berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait perkoperasian, tentu saya berharap agar informasi positif yang diperoleh nantinya dapat diteruskan kepada seluruh insan koperasi di Kabupaten Malang,” tutur orang nomer satu di Kabupaten Malang tersebut. 

Sanusi juga berharap, semua pihak dan seluruh insan perkoperasian di Kabupaten Malang dapat bersinergi, berkolaborasi, berperan aktif dan terlibat dalam pembangunan koperasi

"Dengan begitu, kedepannya sektor koperasi di Kabupaten Malang akan maju, dengan pertumbuhan signifikan, terarah dan berkelanjutan. Selain itu juga akan memperkuat jati diri Kabupaten Malang yang dikenal memiliki predikat sebagai Bumi Koperasi," pungkasnya.