Bukan Follower, Lebih Baik PDIP Maju Sendiri Usung Puan Capres di Pemilu 2024

Puan Maharani/net
Puan Maharani/net

PDIP merupakan satu-satunya partai yang memiliki tiket untuk mengusung capres-cawapres pada Pemilu 2024 tanpa harus berkoalisi.


Selaras dengan itu, PDIP dinilai lebih baik mengusung capres-cawapres sendiri ketimbang harus berkoalisi dengan sejumlah koalisi parpol yang sudah terbentuk.

“PDIP bisa mengusung sendiri Puan dengan siapa (kader PDIP). Saya melihatanya PDIP enggak mau jadi followers gak mau gabung dengan KIB atau PKB-Gerindra dan Nasdem-Demokrat-PKS,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu di Jakarta, Jumat (2/9).

Sebab, kata Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini, Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB (Golkar-PAN-PPP), Koalisi PKB-Gerindra, dan Koalisi Nasdem-Demokrat-PKS, sudah memiliki bakal capres yang akan diusung. Sehingga itu akan membuat PDIP harus berhitung ulang untuk lobi-lobi.

“Kalau (PDIP) gabung mengikuti koalisi yang sudah ada. Tapi kalau hubungan seimbang dan sejajar mungkin PDIP mau. Saya melihatnya mungkin akan sulit,” katanya.

“Kecuali PDIP-nya mau mengusung Puan sebagai cawapres. Mungkin (koalisi yang sudah ada) mau kalau Puannya sebagai cawapres,” demikian Ujang.