Pasangan Firli-Khofifah Paket Lengkap, Jawa dan Non Jawa

Ketua KPK Firli Bahuri dengan Khofifah Indar Parawansa dalam satu kesempatan/RMOL
Ketua KPK Firli Bahuri dengan Khofifah Indar Parawansa dalam satu kesempatan/RMOL

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri jika berpasangan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan menjadi calon presiden dan wakil presiden alternatif yang memiliki spesifikasi lengkap.


Demikian pandangan Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto melihat potensi Firli Bahuri dengan Khofifah pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Seandainya ada calon alternatif, maka yang paling lengkap adalah duet Firli-Kofifah ataupun sebaliknya,” kata Satyo melansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (14/9).

Satyo menjelaskan mengapa duet tersebut bisa disebut pasangan yang lengkap, dikarenakan sosok Firli dengan kapasitas kepemimpinannya dan berpengalaman dalam penegakkan hukum serta dalam pemberantasan korupsi dilengkapi Khofifah yang memiliki pengalaman panjang di pemerintahan sebagai menteri.

“Khofifah juga dikenal sebagai gubernur yang clear (bersih),” tandas Satyo.

Dari sisi ceruk massa pemilih, kata Satyo pasangan ini juga bisa menjadi representasi capres-cawapres Jawa dan luar Jawa. Disamping itu, ia menambahkan, sosok Khofifah yang juga ketua muslimat NU akan sangat mempengaruhi dukungan suara dari segmen pemilih perempuan.