Reses di Kademangan, Bambang Riyanto Terima Usulan Normalisasi Sungai dan Pembangunan Jalur Pansela

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Anggota DPRD Jatim Bambang Riyanto menggelar reses di kecamatan Kademangan, kabupaten Blitar pada Minggu (16/10/2020). Dari hasil pertemuan itu, ada sejumlah usulan yang dilontarkan warga.


Diantaranya adalah normalisasi sungai di Kademangan, untuk mencegah banjir yang tejadi saat musim penghujan.

"Ada juga usulan terkait dengan normalisasi sungai di wilayah Kademangan panjangnya sekitar 4 km. Alhamdulillah untuk PAK ini akan ditinjau di lapangan," katanya.

Menurut dia, sungai di wilayah Kademangan tersebut sudah mengalami pendangkalan. Akibat adanya lumpur dari wilayah hutan yang gundul.

"Jadi kalau hujan gak deras saja sudah banjir, karena itu harus dikeruk secepatnya," tambahnya.

Selain program normalisasi sungai, politisi senior Partai Hanura itu juga berharap agar pembangunan Jalur Pantai Selatan (Pansela) di wilayah Blitar segera dipercepat.

Pasalnya, selama ini, ada beberapa titik lahan yang belum bisa dibebaskan, sehingga pembangunan fisik jalur Pansela tersendat.

"Terkait JLS yang belum tersambung sebagaian wilayah Blitar-Tulungagung dan sedikit wilayah Blitar-Malang. Kita memang paling terhambat dalam pembangunan karena memang terkendala pembebasan lahan," katanya.

Usulan lainnya juga disampaikan oleh puluhan kepala desa di Kademangan. Mereka meminta agar anggaran dana desa dinaikan untuk tahun depan. Agar pembangunan di pedesaan bisa dipercepat.

"Keluhan tadi ada lima belas kepala desa rata-rata usulannya adalah penambahan Anggaran Dana Desa (ADD)," pungkasnya.