Tuai Hujatan, PSSI Sebut Fun Football Permintaan FIFA

Fun Football PSSI/ Ig PSSI
Fun Football PSSI/ Ig PSSI

Kegiatan fun football antara pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan FIFA mendapat banyak hujatan netizen. 


Laga yang berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, pada Selasa malam kemarin itu, dinilai masyarakat tidak elok di tengah duka Tragedi Kanjuruhan yang menelan 134 korban jiwa. 

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Ahmad Riyadh UB mengatakan, hal tersebut bukan merupakan rencana yang disusun PSSI dalam menyambut kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino.

"Itu memang ada pro dan kontra, apapun yang dilalukan, masyarakat berhak menilai apapun. Tapi itu adalah tamu yang mengajak main bola," kata Riyadh, dikutip Kantor Berita RMOLJatm.

Ajakan tersebut, lanjut Riyadh, agar Indonesia tidak terus menerus sedih atas tragedi Kanjuruhan. 

"Ayo kita jangan bersedih, coba kita main bola sedikit. Dia tunjukan kita bisa berjalan," ujar pria yang juga menjabat Ketua Komisi Wasit PSSI itu. 

Dia menegaskan, pengurus PSSI sampai hari ini tetap berduka atas meninggalnya ratusan orang pasca-kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang. 

"Tapi tamu tetap harus dihormati karena FIFA telah diterima oleh Presiden, diajak makan, mereka juga diajak mengajukan progam. Kita kalau tidak mau (menolak) apa alasannya," pungkas Riyadh.

Diketahui sebelumnya, Presiden FIFA Gianni Infantino berkunjung ke Indonesia untuk bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 18 Oktober 2022. 

Selanjutnya, Gianni Infantino rapat dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Sekaligus, FIFA akan membantu PSSI untuk menata kelola sepakbola pasca tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Gianni Infantino mendatangi Kantor PSSI di Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Jakarta Pusat, sekitar pukul 15.15 WIB. 

Pertemuan dilakukan selama dua jam. Selanjutnya, ada kegiatan Fun Football PSSI dan FIFA di Stadion Madya, Jakarta, pada malam hari. 

Potret fun football PSSI dan FIFA itu justru disambut reaksi netizen Indonesia secara negatif. FIFA menjadi trending topic Twitter dengan 93.000 cuitan. 

Trending ini diikuti Fun Football 9.169 cuitan, Kanjuruhan 39.700 cuitan, dan Shame 168.000 cuitan.

Netizen Indonesia meluapkan perasaan kecewa baik kepada PSSI dan FIFA. Mereka menilai FIFA dan PSSI tidak berempati kepada para korban tragedi Kanjuruhan dan malah bersenang-senang dibalik tragedi Kanjuruhan.