Rizal Ramli Kritik Menteri dari Nasdem: Jadi Beban Rakyat

Ekonom senior, DR. Rizal Ramli/Net
Ekonom senior, DR. Rizal Ramli/Net

Ekonom senior, DR Rizal Ramli mengkritik Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Menurutnya, pernyataan Syahrul dalam memberi solusi ketika menghadapi krisis pupuk tidak tepat dan payah.


Penilaian itu disampaikan DR Rizal Ramli lewat akun Twitter @RamliRizal pada Minggu (30/10). Dia menanggapi pemberitaan tentang Mentan Syahrul.

"Parah banget. Kayak Indonesia ndak punya ahli pertanian, separah ini," ujar Rizal Ramli seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (30/10).

Mantan Menko Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid ini lantas mempertanyakan kepada Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem soal kualitas kader yang menjadi Mentan, yakni Syahrul Yasin Limpo.

"Bang Surya Paloh, kok menteri-menteri Nasdem payah banget, kebanyakan juga rent seekeers, yang jadi beban rakyat?" pungkas Rizal Ramli.

Pernyataan Syahrul Yasin yang dimaksud disampaikan Syahrul dalam sebuah webinar pada Senin lalu (8/8). Namun, pernyataan Syahrul ini kembali menjadi ramai dikomentari banyak pihak.

"Kalau tunggu pupuk subsidi pasti tidak bisa itu. Kita adaptasi dengan cara kita, banyak orang yang sukses tanpa menggunakan pupuk subsidi. Ayo kita gunakan pupuk yang ramah lingkungan, tetapi penyuburannya bisa tetap kita lakukan. Semua kearifan lokal, misalnya air dicampur terasi, dicampur doa ternyata hasilnya bagus, kita coba pikir seperti itu," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo.