Peragakan 20 Adegan, Rekonstruksi Pembunuhan Driver Ojol Dijaga Ketat

Proses rekonstruksi kasus Pembunuhan/RMOLJatim
Proses rekonstruksi kasus Pembunuhan/RMOLJatim

Beberapa waktu lalu Kabupaten Bondowoso di gemparkan oleh pembunuhan seorang driver ojek online (Ojol) oleh selingkuhan istrinya pada 30 November 2022 lalu.


Polres Bondowoso menggelar rekonstruksi perkara kasus pembunuhan seorang driver ojek online, Yusi (33) yang digelar di lokasi perkara. 

Dalam rekonstruksi yang digelar selama 2 jam tersebut, sebanyak 20 adegan diperagakan oleh tersangka BH (31) dan istri korban sebagai saksi.

Wakapolres Bondowoso, Kompol Joes Indra Lana Wira menerangkan, rekonstruksi dilakukan selain untuk melengkapi administrasi penyidikan, juga untuk mendapat gambaran secara jelas peristiwa tindak pidana yang terjadi di TKP.

"Kedua, untuk menguji tingkat kebenaran tersangka dan saksi di dalam keterangan yang disampaikan dalam berita acara sebelumnya, " ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Dalam rekonstruksi tersebut, sempat terjadi pengulangan dan penambahan adegan, meski tidak merubah materi kasus pembunuhan.

"Contoh, kalau di awal dia (tersangka, red) mengatakan 5-6 kali, tapi itu sudah terbukti yang bersangkutan melakukan penusukan sebanyak 7 kali," bebernya.

Setelah ini, lanjutnya, berkas-berkas akan dilimpahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan pengacara yang juga turut hadir dalam rekonstruksi.

"Jadi sudah tergambar jelas dan tinggal menunggu proses di persidangan," ucapnya.

Sementara itu, kuasa hukum BH, Nurul Jamal Habaib menerangkan bahwa tersangka memperagakan tiap adegan dengan gamblang dan sesuai dengan apa yang dituangkan dalam berita acara.

"Bahkan tersangka tadi sebelum berangkat dengan tegas menyampaikan, saya akan bertanggung jawab atas apa yang saya perbuat, " ucapnya menirukan kata tersangka.

Rekonstruksi yang digelar di Jalan Kolonel Sugiono Gang Jambu tersebut dikawal ketat aparat kepolisian. Pasalnya, untuk mengantisipasi kericuhan karena sejumlah rekan korban sesama ojol turut menyaksikan jalannya rekonstruksi.

"Disini tergambar jelas bahwa ada tindak pidana pembunuhan dan ada tersangka pelaku pembunuhan," pungkasnya. 

Dalam proses rekonstruksi tersebut selain dipadati warga yang penasaran, juga tampak rekan korban sesama driver ojol mengawal jalannya rekonstruksi tersebut.