Tahun 2022, Pemkab Jember Raih Dua Paritrana Award Jatim

Bupati Hendy saat menerima penghargaan dari Gubernur Jatim/Ist
Bupati Hendy saat menerima penghargaan dari Gubernur Jatim/Ist

Tinggal 4 hari tutup tahun 2022, Pemkab Jember kembali mengukir prestasi bergengsi sebagai juara pertama mendapatkan penghargaan Paritrana Award tahun 2022 untuk katagori Kabupaten/kota.  


Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar parawansa dan diterima langsung  Bupati Jember, Hendy Siswanto di Hotel Shangrila, Surabaya, Selasa (27/12).

Kabupaten Jember dinobatkan menjadi kabupaten terbaik dalam memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada masyarakatnya, setelah berhasil mengungguli dua kabupaten/kota lain yang masuk nominasi, yakni Kota Malang dan Kabupaten Ponorogo. Atas prestasinya itu, Kabupaten Jember juga membawa pulang hadiah sebuah motor Yamaha Fazio. 

"Alhamdulillah, hari ini Kabupaten Jember mendapatkan penghargaan Paritrana Award tingkat Jawa Timur, juara satu," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Tentu penghargaan ini menjadi kebanggaan bersama bagi Pemkab dan masyarakat Jember. Ke depan, Pemkab Jember akan selalu konsisten mengajak seluruh stakeholder yang ada untuk mendaftarkan seluruh pegawainya.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, lanjut Bupati Hendy,  bahwa keikutsertaan BPJS ketenagakerjaan juga dapat digunakan sebagai alat untuk memajukan perekonomian.

"Per bulan, kita hanya membayar sekitar Rp 18 ribu, setahun hanya sebesar Rp 210 ribu. Sedangkan proteksi yang didapatkan sangat luar biasa," katanya.

Menurut dia tak ada seorang pun yang menginginkan kematian, namun siapapun bakal dipanggil oleh Allah SWT. Jika tertanggung meninggal dunia, dia tidak akan meninggalkan beban kepada keluarga yang ditinggalkan. Karena ada santunan sebesar Rp 42 juta yang dapat dimanfaatkan oleh ahli waris.

Dengan diterimanya penghargaan juara 1 Paritrana Awar dari Gubernur Khofifah, Pemkab Jember dapat mengoleksi 2 penghargaan Paritrana Award dalam setahun di tahun 2022. Berarti Bupati sudah memenuhi janjinya untuk merebut Paritrana Award tingkat Kabupaten/kota.

Sebelumnya, Kabupaten Jember mendapatkan Paritrana Award tingkat Nasional, katagori kabupaten/kota, Kamis (27/10). Penghargaan diterima langsung Bupati Hendy di Istana Wakil Presiden, KH. Ma'ruf Amin, dari  Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Bupati Hendy mengaku bangga dan berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, meski menjadi juara 2.

“Jember menjadi juara dua dalam kategori kabupaten/kota. Pihaknya bakal tetap berupaya agar tahun depan bisa menjadi yang pertama," ucap Bupati Hendy, Kamis (27/10) lalu.