Jemaah Sudah Bayar Lunas, Ladima Tour Travel Madiun Tak Kunjung Berangkatkan Umroh 

Keterangan foto : Kantor Ladima travel dan tour di Nglames tutup saat dikunjungi/RMOLJatim
Keterangan foto : Kantor Ladima travel dan tour di Nglames tutup saat dikunjungi/RMOLJatim

Puluhan calon jemaah Umroh Ladima Tour Travel di jalan Raya Nglames kabupaten Madiun kecewa, karena meski telah membayar lunas biaya paket umroh, namun hingga saat ini tak kunjung diberangkatkan ke Tanah Suci.


Beberapa hari sebelumnya RMOLJatim menemui salah seorang jamaah pengguna jasa travel umroh Ladima Berinisial MW (37) bekerja di pemerintahan tinggal di Madiun Jawa Timur.

"Daftar sudah sejak bulan Desember 2023 lalu dan sudah bayar lunas tapi sampai sekarang belum jelas kapan berangkat," kata MW Senin (8/4). 

Menurut keterangan MW, pihak Ladima tour travel sudah 3 kali berjanji akan memberangkatkan ke tanah suci tapi hingga bulan Ramadan mau selesai tidak ada satu pun janji yang realisasi. 

"Sudah 3 kali janji Ladima memberangkatkan tapi kenyataannya gak ada satupun yang terealisasi," gerutu MW. 

Hal yang sama juga terjadi pada salah satu calon jemaah umroh inisial BM, mengaku meski sudah membayar lunas paket umroh sekeluarga di Ladima lalu tidak jadi berangkat akhirnya dengan memakai sisa tabungannya berangkat menggunakan biro travel lainnya. Sementara biaya yang sudah dibayarkan ke Ladima tour travel akan diminta setelah hari raya. 

" Saya sudah bayar lunas, karena tidak juga diberangkatkan akhirnya pakai sisa tabungan berangkat pakai biro umroh lainnya. Lalu uang yang sudah saya bayar lunas di Ladima akan saya minta kembali. Saya sudah berusaha menagihkan tapi hanya dikasih janji saya. Selesai hari raya saya dan jemaah lain menagih kembali," tegas BM. 

Sementara itu saat mencoba konfirmasi ke biro Umroh Ladima tour travel di kantornya Nglames ternyata tutup. Melalui sambungan seluler yang tertera di salah satu unggahan medsos, salah satu pegawai Ladima menyarankan untuk menghubungi langsung pemilik biro tersebut sembari mengirimkan no handphone ownernya yang bernama Juwariah atau yang akrab disapa bu Ari. 

"Bisa langsung ditanyakan ke owner langsung karena saya bukan owner ladima," terang pegawai Ladima. 

Informasi yang dihimpun, pemilik Ladima tour travel telah membuat surat pernyataan bahwa akhir april 2024 akan memberangkatkan calon jamaah yang sudah membayar lunas. Namun hingga berita ini ditulis, Juwariah pemilik tour travel tidak merespon WhatsApp yang dikirim meski sudah dibaca, untuk konfirmasi.