Ribuan Raider Trial Susuri Medan Ekstrim, Bangkitkan UMKM dan Pariwisata

Bupati Jember Hendy Siswanto saat melepas peserta adventure trail di alun-alun Kota Jember/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto saat melepas peserta adventure trail di alun-alun Kota Jember/RMOLJatim

Lebih dari seribu Rider Trail dari seluruh Indonesia tancap Gas Acara Jerat  (Jember Adventure Trail) ke-7 di Kabupaten Jember, pada Sabtu (28/1) siang.


Para peserta ini datang dari berbagai daerah di Indonesia, untuk mengikuti kegiatan, yang menyusuri Medan ekstrim dan menantang kawasan perkebunan dan hutan di Kabupaten Jember.

Meski demikian, peserta cukup antusias, mengikuti acara yang sempat vakum karena pandemi Covid-19.

Acara JERAT 7 ini akan berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (28 - 29 Januari 2023). Dengan start dari Alun-alun kota, para Rider akan berpetualang menyusuri menikmati keindahan kawasan hutan dan pedesaan melewati berbagai medan.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan acara sempat absen dan baru digelar setelah pandemi Covid-19 mereda. Dia berharap acara tersebut bisa rutin kembali digelar setiap tahun.

"Kedepan acara ini, tidak hanya digelar 2 hari, tapi kalau bisa 5 hari," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, usai pelepasan peserta di alun-alun kota Jember, Sabtu (28/1).

Dia menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya berfungsi menyalurkan hobi olah raga motor trail saja. Tapi juga menimbulkan miltiplier effect atau efek ganda.  Yakni ada silaturahmi, pariwisata dan pelaku ekonomi UMKM menjadi hidup dengan kegiatan tersebut.

Selain, lanjut Hendy, melalui kegiatan tersebut, Jember bisa memperkenalkan Jember sebagai tempat wisata dan budaya serta pendidikan.

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, ribuan peserta mengambil start dari Alun-alun Jember, dengan rute melintasi Jalan A. Yani, Jalan Letjend Pandjaitan, dan Jalan Letjend S. Parman menuju Wirolegi, Pakusari, dan sampai di Desa Mrawan Mayang.

Kemudian memasuki kawasan perkebunan, Kebun Afdeling Mumbulsari, Kawasan hutan Produksi Desa Seputih Kecamatan Mayang, Kebun Sumberwadung, Desa Sumberlanas, Kebun Silosanen, Desa Mulyorejo, kawasan Hutan Lindung Baban Barat, lalu turun ke Kebun Glantangan menuju Kebun Mumbulsari dan kembali ke Alun-alun Kota Jember Jember.

Acara dilanjutkan pada Minggu (29/1) besok, start alun-alun Kota Jember, rute kawasan perkebunan dan hutan bagian Utara Kabupaten Jember.