Polsek Tanjung Bumi Tangkap Begal HP di Kandang Ternak

Begal HP ditangkap/Ist
Begal HP ditangkap/Ist

Helmi (18) salah seorang santri Pondok Pesantren di Desa Aeng Taber, Tanjung Bumi, menjadi korban pembacokan dan perampasan HP. Peristiwa terjadi pada Selasa malam (24/1) sekitar pukul 22.00 WIB.


Saat itu korban tengah berjalan kaki sambil main hp, kondisi jalan lengang. Kemudian ia dihampiri dua orang pria tak dikenal, berboncengan sepeda motor. Dengan cara paksa pelaku merampas barang milik korban, berupa satu unit telepon genggam.

Korban yang berusaha mempertahankan barang miliknya berakibat menderita luka di bagian lengan kanan setalah terkena sabetan celurit milik pelaku. Warga yang mengetahui itu langsung melarikannya ke Puskesmas di wilayah kecamatan.

Berbekal laporan korban, pihak kepolisian langsung memburu para pelaku. Dalam waktu 2 x 24 jam, personil Kepolisian Sektor Tanjung Bumi berhasil meringkus salah seorang tersangka berinisial JF.

Ia ditangkap petugas dari persembunyiannya di bekas sebuah kandang ternak, pada Jumat (26/1). Kendati sudah dalam cekalan petugas, namun pelaku sempat memberontak berusaha kabur.

Kata Kasatreskrim Polres Bangkalan, AKP Bangkit Dananjaya, motif pelaku ingin mengambil barang milik korban. 

"Motif ingin menguasai barang ekonomis," jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (30/1).

Hasil pengembangan dari pemeriksaan terhadap JF, diketahui nama seorang tersangka lainnya berinisial JK, yang masih buron. Di hadapan penyidik, JF mengaku jika dirinya bertindak sebagai joki, dan teman aksinya yakni JK bertugas merampas hp.

"JK masih dalam pengejaran petugas. JK diketahui sebagai esekutor begal dan merupakan residivis," ungkap AKP Bangkit, sapaan lekatnya.