DPRD Jatim Minta Perangkat Desa Bekerja Keras Bangkitkan Ekonomi Desa

foto/net
foto/net

DPRD Jawa Timur meminta agar kepala desa bekerja maksimal untuk membangkitkan perekonomian desa. Hal itu untuk menaikkan pendapatan masyarakat yang sempat terpuruk karena pandemi Covid 19.


Hal itu dikatakan oleh Ketua komisi A DPRD Jatim Mayjen TNI Purn Dr Istu Hari Subagio.

"Sedangkan dalam sosialisasi Undang-undang pemrintahan desa, sekadar mengingatkan kepada aparatur desa tentang tupoksi aparat desa maupun potensi desa dalam membangkitkan ekonomi," katanya.

Dia juga mendorong agar semua elemen bergerak maksimal meningkatkan ekonomi masyarakat di beberapa desa yang menjadi sasasaran Reses pertama tahun 2023 di Kabupaten Nganjuk dan Madiun.

Istu menyampaikan, bahwa dampak pandemi sampai saat ini memang masih sangat dirasakan oleh masyrakat mulai dari perekonomian sampai ke bidang kehidupan lain seperti kesehatan pendidikan.

"Alhamdullilah sesuai tagline jatim optimis bangkit di tingkat  propinsi Jatim sudah kembali pulih dengan pertumbuhan ekonomi tahun 4 ke angka 5,53 lebih dari pertumbuhan nasional 5.40 dan dapat kontribusi nasional 14,36 persen pasca terdampak Covid-19. Ini berkat kerja keras kita bersama," katanya.

"Pemerintah dengan leader gubernur jatim hal ini diikuti juga dengan hasil produk unggul lain dengan kontribusi nomor satu tingkat nasional dibanding propinsi lain seperti produk padi no satu di tingkat nasionsl yakni 9,94 juta ton pertahun, gandum, cabe rawit, sapi potong, sapi perah dari nilai pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya sempat ikut terjun bebas bahkan pada tahun 2020 menjadi minus 2,39.dampak pandemi Covid -19," tambahnya.

Politisi Partai Golkar melanjutkan, demikian juga dari tingkat  kabupaten dan kota dapil saya ketimpangan wilayah, penduduk miskin ,angka pengangguran  bahkan indek pembangunan manusia (IPM) dari sudut pandang kesehatan pendidikan dan kesejahteraan juga mulai merangkak membaik 

"Alhamdullilah, dengan gerak cepat pemrintah hal-hal tersebut bisa sedikit demi sedikit beranjak membaik. Kita berdoa semoga Pemprov Jatim cepat bisa kembali pulih dan kesejahteraan masyarakat kembali pulih," katanya.