Pemkab Malang Boyong Tiga Penghargaan di TOP BUMD AWARDS 2023

 Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat (tengah) saat menerima penghargaan/Ist
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat (tengah) saat menerima penghargaan/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memboyong tiga penghargaan di TOP BUMD AWARDS 2023. Diantaranya Bupati Malang meraih predikat Top Pembina BUMD Awards 2023 yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat. Kemudian, RSUD Kanjuruhan Kota Kepanjen juga dinobatkan sebagai Top BUMD Awards 2023 Bintang 5, dan Bobi Prabowo, selaku Plt Direktur Utama RSUD Kanjuruhan dinobatkan sebagai Top CEO BUMD 2023 di Jakarta. Rabu (5/4)


"Tahun ini, RSUD Kanjuruhan baru pertama kali mengikuti dan memborong tiga penghargaan sekaligus. Tentunya, penghargaan tersebut dapat diraih Kabupaten Malang dengan dasar pertimbangan penilaian bahwa keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi dan dukungan dari Bapak Bupati," ujar Wahyu. 

" TOP BUMD Awards 2023 ini merupakan ajang penghargaan  Nasional yang diadakan oleh Majalah TOP Business dan diberikan kepada BUMD  yang melalui seleksi dan penilaian dari beberapa juri yang berkompeten dalam bidang keahliannya dan ajang ini tentunya bukan hanya tentang penilaian tetapi merupakan upaya bersama untuk dapat meningkatkan dan membawa pembaharuan bagi BUMD," imbuhnya. 

Wahyu juga menjelaskan, bahwa TOP BUMD Awards juga merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia. 

"Harapannya kegiatan tersebut dapat memacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian Nasional. Kegiatan Penghargaan tersebut juga dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan Kementerian Dalam Negeri, karena sejalan dengan arah dan kebijakan Pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah," tegasnya. 

Dalam hal ini, Wahyu juga menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja ciamik RSUD Kanjuruhan sebagai RSUD terbaik, sehingga pada akhirnya meraih predikat sebagai TOP BUMD Awards 2023 untuk kategori RSUD Kanjuruhan sebagai Top BUMD Bintang 5.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Malang khususnya kepada Bapak Bupati Malang. Mudah - mudahan ke depannya di tengah isu banyaknya masyarakat yang berobat di luar negeri, kami RSUD Kanjuruhan bisa membuktikan bahwa kelak menjadi kepercayaan bagi masyarakat Indonesia terkhusus warga Kabupaten Malang pada umumnya," ungkapnya. 

Sementara itu, Plt. Dirut RSUD Kanjuruhan Bobi Prabowo mengakui bahwa ada program maupun kebijakan khusus yang diterapkan, sehingga Pemkab Malang dapat meraih penghargaan seperti pada hari ini. RSUD Kanjuruhan saat ini dituntut melayani secara digital, RSUD Kanjuruhan telah melaksanakan digitalisasi layanan dan digitalisasi informasi berupa pendaftaran online dan E-medical Recored dam E- resep, dengan begitu memudahkan akses pelayanan bagi masyarakat juga tetap memajukan pelayanan RSUD dengan inovasi-inovasi baru lainnya.

"Terima kasih kepada Bapak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Malang yang selalu mendukung dan membina RSUD Kanjuruhan, hingga maju seperti saat ini. Begitu juga kepada seluruh Hospitalia RSUD Kanjuruhan, kami ucapkan banyak terima kasih ini merupakan kerja keras bersama tim untuk memajukan RSUD Kanjuruhan," pungkasnya. 

Sekedar informasi, Di tahun 2023 ini, TOP BUMD Awards mengusung tema "Inovasi Dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD. Melalui kegiatan ini pula diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional. Acara TOP BUMD Awards 2023 ini juga dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan Kementerian Dalam Negeri RI, karena sejalan dengan arah dan kebijakan Pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.