Pemkab Malang Raih Penghargaan di Ajang APPI 2023

Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat menerima penghargaan dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno/ist
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat menerima penghargaan dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno/ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang menerima penghargaan dinajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.


Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, yang diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (17/7).

"Terimakasih, ajang ini juga sebagai apresiasi untuk pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota dalam memajukan destinasi di masing-masing daerah," ujar Didik Gatot Subroto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (19/7).

APPI merupakan upaya pemerintah pusat untuk mendorong para stakeholder Pariwisata seperti pemerintah daerah, dan Biro Perjalanan Wisata dan Online Travel Agent, lebih gencar dan kreatif dalam mempromosikan potensi-potensi wisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki.

"Partisipasi Kabupaten Malang merupakan salah satu upaya mensukseskan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dengan target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,2 – 1,4 miliar perjalanan pada tahun 2023," imbuhnya.

Dengan adanya prestasi ini, lanjut Didik, menjadi motivasi bagi Pemkab Malang, khususnya Dinas Pariwisata agar terus meningkatkan pelayanan serta kinerja ke depan, serta berperan aktif dalam kegiatan kemajuan pariwisata daerah.

"Harapannya, Dinas Pariwisata dapat terus berkreasi agar dunia kepariwisataan semakin maju, dengan kemajuan ini satu diantaranya dapat membuka peluang kerja dan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Malang," tandasnya.

Menurut Didik, berbagai program inovasi terus dilakukan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) untuk mendorong kemajuan sektor pariwisata daerah.

Terbaru, Kementerian dibawah komando Sandiaga Uno ini menggelar Kompetisi Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (Video Kreatif BBWI) 2023. 

"Kompetisi Video Kreatif BBWI 2023 ini merupakan upaya memasifkan promosi dan digital marketing pariwisata daerah. Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota diwajibkan memamerkan keunggulan serta potensi wisata masing-masing dalam bentuk video kreatif.

Selanjutnya, karya diunggah di Chanel Youtube Dinas Pariwisata masing-masing dan penilaian ditentukan dari jumlah viewers atau berapa kali unggahan videk ditonton oleh masyarakat," paparnya. 

Sekedar informasi, Program APPI melalui kompetisi Lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) antar Dinas Pariwisata daerah se-Indonesia ini telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni.

Pada Lomba Video Kreatif BBWI yang diselenggarakan selama 4 bulan ini telah diikuti hampir dari 38 Dinas Pariwisata provinsi dan 514 Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Indonesia dan menghasilkan pemenang lomba bulanan Provinsi, Kabupaten/Kota.

Setiap bulannya, terdapat tema yang wajib diikuti sebagai dasar pembuatan video. Untuk tema bulan Maret 2023, adalah Destinasi Wisata. Bulan April, Calender of Event (CoE) atau event daerah. Tema bulan Mei, Seni dan Budaya.

Sedang tema bulan Juni 2023 adalah Kuliner Khas Daerah. Selama rangkaian itu Kabupaten Malang berhasil menorehkan tiga prestasi yakni juara 6 pada April, juara 3 pada Mei, dan juara 9 pada Juni.

Nampak hadir mendampingi Wabup Didik Gatot Subroto, yakni Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Purwoto.