Indahnya Keberagaman Toleransi, Pengurus Vihara Cakrawala Dharma Jatim Gelar Baksos di Bulan Ramadan

Pengurus Vihara gelar baksos
Pengurus Vihara gelar baksos

Semangat Ramadhan berbagi menjadi komitmen di bulan Suci. Bahkan ratusan paket sembako diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.


Salah satunya dilakukan pengurus Vihara Cakrawala Dharma Jawa Timur. Bertajuk "Indahnya Keberagaman Toleransi dan Kerukunan" meraka menggelar Bakti Sosial di Desa Petikan, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik.

Salah satu pengurus Vihara, Gunawan Hariyanto mengatakan bakti sosial merupakan kegiatan rutin setiap tahun di momentum ramadhan.

Menurutnya apa yang dilakukan ini kepedulian terhadap sesama sebagai bentuk toleransi dan kerukunan umat beragama.

"Total kurang lebih ada 300 paket sembako yang kita berikan. Kita sudah sering melakukan seperti ini, ada yang di panti jompo dan lain nya. Kita di bulan Ramadhan ini ingin berbagi," ungkap Gunawan, Sabtu (15/4).

Gunawan menambahkan, dengan keberagaman yang adi di Indonesia tentunya bukan menjadi pembeda. Justru dengan kemajemukan yang ada kita di persatukan tanpa adanya unsur kepentingan maupun politik.

"Jangan melihat jumlahnya, ini merupakan salah satu cara kita untuk berbagi dengan sesama," ujarnya.

Salah satu umat Budha Liong Pasca Riana yang ikut dalam pembagian sembako mengaku merasa senang dapat berbagi. Dengan kegiatan ini menurutnya tergambar jelas toleransi yang ada begitu tinggi.

"Bentuk kepedulian dengan masyarakat sekitar berbagi dengan sesama. Ini merupakan keberagaman dalam toletansi," kata Liong.

Sementara itu adanya pembagian sembako bagi masyarakat di bulan Ramadhan disambut baik Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Gresik.

Haji Fauzi Nur Hadi Sekretaris FKUB Kabupaten Gresik mengatakan kegiatan baksos ini merupakan kepedulian antat sesama. Menurut Fauzi apa yang tergambar bentuk cinta kasih antar umat beragama saling damai. Sebab agama apapun semuanya membawa pesan kerukunan serta toleransi.

"Kami sangat berterimakasih. Harapan warga tidak hanya setahun sekali, tapi bisa dilaksanakan secara rutin. Sekali lagi  terimakasih mudah-mudahan baksos di tahun ini dan seterusnya bisa membawa dampak baik, antar umat beragama saling damai," pesannya.

Hal sama juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Gresik Muchamad Zaifudin. Menurut Zaifudin apa yang dilakukan merupakan kerukukan antar beragama. Apalagi Kota Pudak Gresik juga sering koya yang toleran.

"Artinya kita hari ini saling bersinergi, kerukunan antar kerukunan beragama terlihat disini," terang Zaifudin.

Pembagian baksos ini mendapat antusiasme masyarakat. Tempat duduk yang disediakan dipenuhi. Mereka tampak bersabar menunggu giliran mendapatkan sembako.