Rumah Sakit Unmuh Jember Mulai Beroperasi, Tapi Belum Terima Pasien BPJS

Peresmian pembukaan RSU Unmuh Jember/Ist
Peresmian pembukaan RSU Unmuh Jember/Ist

Setelah 42 tahun Berkecimpung di dunia Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ( Unmuh Jember) Jember, langsung merambah ke layanan kesehatan yang lebih besar. 


Setelah mendirikan klinik kesehatan, kini telah berdiri dan mulai beroperasi RSU Unmuh Jember di Jalan Wolter Monginsidi Kekurangan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. 

"Kami mulai menerima pasien umum dan pasien dengan asuransi non-BPJS Kesehatan, mulai Senin (3/7," ucap Direktur RSU Unmuh Jember, Dr. Bambang Indra, Sp. THT, dalam sambutannya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan setelah 42 tahun berkecimpung di bidang pendidikan, Unmuh Jember kini ingin berperan aktif di bidang layanan kesehatan untuk masyarakat Jember. RSU baru di  Jember ini merupakan rumah sakit tipe C yang menyediakan pelayanan dasar dan penunjang, termasuk laboratorium, radiologi, dan ICU.

"RSU Unmuh Jember siap berkontribusi dalam mendukung program pemerintah untuk menekan angka stunting dan TBC," tegas Indra.

"Sebagai bukti nyata dari komitmen tersebut adalah adanya fasilitas pelayanan Ponek (Layanan meliputi stabilisasi di UGD dan persiapan obat definitif, penanganan kasus gawat darurat) di rumah sakit ini," sambungnya.

Sementara Kabid Yanmed RS Unmuh Jember, dr Fitriana Putri, menjelaskan untuk sementara sebagai rumah sakit baru, rumah sakit ini belum memberikan layanan kesehatan untuk pasien BPJS. Sebab, untuk menjadi mitra kerja BPJS sangat ketat. Salah satu syaratnya, rumah sakit tersebut sudah terakreditasi.

"Jadi tidak serta merta rumah sakit itu, begitu ijinnya turun, BPJS mau bekerja sama dengan rumah sakit. Syaratnya cukup ketat, yakni salah satu syaratnya sudah terakreditasi. Mana mungkin rumah sakit baru berdiri, sudah terakreditasi," katanya. 

Karena itu, lanjut dr. Fitri, pihaknya masih menunggu proses akreditasi terlebih dahulu. Tentang berapa lama waktunya, mudah-mudahan, tidak menunggu terlalu lama, bisa bekerjasama dengan BPJS kesehatan.

Diketahui, RSU  Unmuh Jember memiliki 9 poliklinik, yaitu  poliklinik spesialis bedah, spesialis obgyn, spesialis interna, spesialis anak, spesialis syaraf, spesialis THT, spesialis paru, spesialis gigi, dan klinik umum. Selain itu memiliki fasilitas pelayanan rawat inap, yang terdiri dari VVIP, VIP, Kelas 1, isolasi, anak, ICU dan PICU, bayi dan NICU, serta fasilitas untuk bedah dan non-bedah dengan total 101 tempat tidur.