Jokowi Sebut Tahun Ini Mudik Tertinggi dalam Sejarah

Ilustrasi pemudik di Stasiun/ ist
Ilustrasi pemudik di Stasiun/ ist

Apresiasi tinggi disampaikan Presiden Joko Widodo kepada stakeholder terkait dalam mengawal kelancaran arus mudik lebaran 2023. Dikatakan presiden, arus mudik tahun ini tertinggi sepanjang sejarah, ditambah lagi mudik tahun ini disambut antusias warga pasca pandemi Covid-19.


"Alhamdulillah kita dapat mengelola arus mudik dengan sebaik-baiknya sehingga puncak arus mudik tertinggi sepanjang sejarah beberapa hari lalu dapat dilalui dengan baik dan lancar," kata Presiden Jokowi dalam siaran video di akun YouTube Sekretariat Presiden yang dikutip redaksi, Senin (24/4).

Untuk arus balik nanti terlebih jalur darat di Tol Lintas Jawa, Jokowi memperkirakan kendaraan yang melintas akan naik tiga kali lipat.

Ia juga mengungkap data Kementerian Perhubungan RI yang memprediksi jumlah kendaraan dari arah timur Jalan Tol Trans Jawa dan dari Bandung melalui Tol Jakarta-Cikampek mencapai  203 ribu kendaraan per hari.

"Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar dibandingkan dari jumlah normalnya, yaitu 53 ribu kendaraan," kata Jokowi.

Berangkat dari sini, Jokowi mengimbau masyarakat atau pemudik untuk menunda perjalanan balik setelah 26 April nanti guna menghindari penumpukan kendaraan saat puncak arus balik mudik.