Puan Komandani Tim Pemenangan Ganjar, Jateng Akan Kembali jadi Kandang Banteng

Puan Maharani/Net
Puan Maharani/Net

Keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang menunjuk Puan Maharani sebagai ketua tim pemenangan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, sudah tepat.


Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago meyakini, dengan keputusan itu, PDIP akan kembali mendulang suara besar di Jawa Tengah pada pilpres maupun pemilu legislatif.

"Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode sudah pasti akan meraup suara besar dari masyarakat yang puas dengan kinerjanya," kata Pangi dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (26/5).

"Apalagi, Ganjar didukung langsung oleh Puan sebagai ketua tim pemenangannya. Sudah pasti Jawa Tengah akan kembali menjadi kandang banteng," sambungnya.

Pangi meyakini hal itu berkaca pada pengalaman saat Ganjar mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2013 lalu.

Ganjar yang saat itu adalah anggota DPR RI dan tak memiliki rekam jejak berkarir di politik Jawa Tengah, awalnya diragukan bisa memenangi pilkada. Apalagi, Ganjar harus berhadapan dengan petahana Bibit Waluyo serta Sekda Jawa Tengah Hadi Prabowo.

Namun, pada akhirnya Ganjar yang berpasangan dengan Heru Sudjatmoko bisa keluar sebagai pemenang.

Ganjar-Heru meraup 6.962.417 suara atau 48,82 persen, mengalahkan pasangan Bibit Waluyo-Sudjiono Sastroatmodjo (30,26 persen) serta Hadi Prabowo-Don Murdono (20,92 persen).

Pangi menilai, peran Puan selaku tim pemenangan Ganjar saat itu akhirnya berperan besar membuat Ganjar-Heru keluar sebagai pemenang.

"Saat ini sosok Ganjar dan Puan sudah terbukti memiliki rekam jejak yang mumpuni dan makin populer di masyarakat. Sudah pasti perpaduan antara Ganjar yang didukung Puan ini akan menjadi duet maut," tandasnya.