Ratusan Jamaah Haji Kloter Terakhir Asal Sidoarjo Resmi Diberangkatkan ke Tanah Suci

CJH asal Sidoarjo
CJH asal Sidoarjo

Ratusan jamaah haji kloter 75 dan 76 asal Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur resmi diberangkatkan ke tanah suci Mekah. Pemberangkatan tersebut di pimpin langsung Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi. 


Terdapat 445 jamaah haji di masing-masing kloter. Mereka berangkat dari Pendopo Delta Wibawa pada (19/6/2024/3) dengan naik bus. Ada 20 bus yang mengantar mereka menuju Asrama Haji Surabaya. 

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Moh. Arwani, M.Ag., M.HI menyebutkan kloter 75 dan 76 merupakan jamaah haji terakhir yang dari Sidoarjo.

"Nanti kami tinggal menunggu kuota tambahan dari Kanwil Kemenag Jatim," Kata saat ditemui di sela-sela pemberangkatan haji di Pendopo Delta Wibawa. 

Di musim haji tahun 2023 ini, terdapat 2.329 jamaah yang berangkat ke tanah suci Mekah. Dengan kuota 30 persen untuk jamaah kategori lanjut usia (lansia). 

"Dari laporan terakhir, saat ini ada satu jamaah dari Kecamatan Candi yang meninggal dunia," ungkapnya. 

Pesan Wabup Subandi untuk Jamaah Haji Asal Sidoarjo

Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi berpesan untuk para jamaah haji yang sudah berusia lanjut agar terus menjaga kesehatan. Sebab di Mekah dan Madinah saat ini cuaca cukup panas. Sekitar 45 derajat. 

"Kalau sudah sampai disana (Mekah dan Madinah) bapak-ibu meski cuaca panas usahakan hindari minuman dingin. Dan jangan lupa bawa obat-obatan yang dibutuhkan," pesannya. 

Tak lupa, Mantan Anggota DPRD Sidoarjo itu menitip doa agar bupati dan wakil bupati dan seluruh masyarakat agar visi misi 17 program berjalan dengan lancar dan maksimal. 

"Stabilitas pemerintahan juga dapat terjaga dengan baik dan mudah-mudahan Allah selalu memberikan keridhaan dan terbaik untuk Sidoarjo," pungkasnya (ful)