Wabup Probolinggo Lepas CJH Tambahan

Pelepasan CJH
Pelepasan CJH

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, Timbul Prihanjoko melepas 32 orang Calon Jama'ah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo yang masuk pada kuota tambahan di kloter 85, Kamis (22/6) sekitar pukul 14.00 WIB di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.


Pelepasan CJH di kuota tambahan di kursi Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Samsur serta Rais Syuriah PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Muharrar Aziz.

Sekitar 32 orang CJH Kabupaten Probolinggo sesuai porsi urutan yang masuk pada kuota tambahan diikutkan pada kloter 85 menyusul jamaah haji Kabupaten Probolinggo pada kloter 64 dan 65 yang sudah diberangkatkan beberapa hari yang lalu di Miniatur Ka'bah, Desa Curahsawo Kecamatan Gending.

Sesuai instruksi yang disampaikan oleh Pemerintah Arab Saudi terkait dengan penambahan kuota untuk ibadah haji ke tanah suci Mekkah, Kabupaten Probolinggo mengusulkan 32 calon CJH terdiri dari CJH laki-laki sejumlah 14 orang dan perempuan sejumlah 18 orang.

Ini kuota resmi dan murni saran-usulan yang disampaikan oleh Kantor Kemenang Kabupaten Probolinggo kepada Kanwil Kemenag Jawa Timur.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Samsur menyampaikan pemenuhan kuota untuk CJH Kabupaten Probolinggo 32 orang CJH ini sudah ditentukan dan sesuai dengan opsi urutan daftar tunggu yang dinyatakan ada kesiapan sekaligus memenuhi persyaratan, salah satunya adalah pelunasan biayanya.

Dari jumlah CJH Kabupaten Probolinggo yang diusulkan ini masuk pada kloter 85, SUB Embarkasi Surabaya gabungan dari 14 Kabupaten/Kota se-Jawa timur. 

Kuota secara keseluruhan sebanyak 1300 orang CJH se-Jawa Timur terbagi menjadi 4 (empat) kloter dengan menggunakan pesawat Garuda.

Timbul Prihanjoko menjelaskan CJH yang masuk tambahan kuota ini patut disyukuri, karena tidak disangka-sangka mendapatkan takdir untuk berangkatkan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah melalui pemenuhan kuota tambahan sebagaimana informasi dari Pemerintah Arab Saudi.

“CJH di kloter 85 ini merupakan jamaah yang istimewa dan luar biasa. Oleh karena itu, jamaah harus menjaga kesehatannya dengan baik, karena ibadah haji ini ibadah yang memerlukan fisik dan memerlukan tenaga ekstra agar ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar. Dan pulanglah melaksanakan ibadah haji semoga menjadi haji yang mabrur,” katanya.(adv)