Puluhan Generasi Muda Berkreasi Menjadi Barista, Bupati Malang Beri Apresiasi Festival Kopling

  Bupati Malang, H.M. Sanusi (tengah mengenakan peci hitam) saat di lokasi Festival Kopi Keliling/Ist
Bupati Malang, H.M. Sanusi (tengah mengenakan peci hitam) saat di lokasi Festival Kopi Keliling/Ist

Puluhan generasi muda berkreasi menjadi barista, Bupati Malang, H.M. Sanusi memberikan apresiasi Festival Kopi keliling (Kopling) di Rest Area Lumba-Lumba, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Minggu (25/6).


Setidaknya ada 70 orang barista dari Malang Raya dan sejumlah kota atau kabupaten lainnya, yang ikut meramaikan kegiatan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan Bea Cukai Malang, serta KNPI Kabupaten Malang, dalam sosialisasi pemberantasan keberadaan rokok ilegal tersebut. 

"Dunia kopi memang sedang mem-booming saat ini. Para generasi muda tadi, berkreasi dengan berjualan kopi yang dikemas dengan keserdehanaan. Bahkan, saya lihat tadi ada barista yang merupakan seorang pelajar siswa SMP dan SMA. Tentu, hal semacam ini membuat saya bangga dan harus mengapresiasinya. Pasalnya mereka di usia muda, sudah bisa berkreasi untuk membuka usaha," ujar H. Sanusi. 

Ia pun berharap, para barista di Festival Kopling ini terus mampu mengembangkan usahanya, dan bisa memiliki sebuah cafe kopi atau menjadi pengusaha kopi yang sukses.

 "Dengan berbekal kreativitas, keuletan dan semangat pantang menyerah, serta semangat terus maju, semoga para barista ini menjadi sukses," tuturnya. 

Masih kata orang nomer satu di lingkungan Pemkab Malang itu, apabila masyarakat mau membuka usaha dan bisa membuahkan hasil, maka akan membantu persoalan tenaga kerja. 

"Kalau semua masyarakat mau melakukan kegiatan pekerjaan apa saja, yang penting halal dan membuahkan pendapatan, maka ini akan membantu persoalan tenaga kerja dengan membuka lapangan kerja sendiri," pungkasnya. 

Dalam kegiatan itu, nampak hadir Kepala Bea Cukai Malang, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Malang, Ketua KNPI Kabupaten Malang, serta para pecinta kopi dan otomotif Malang Raya.