Kondisi Cak Nun Membaik, Sudah Lancar Berkomunikasi

 Kondisi cendekiawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun dikabarkan sudah membaik/Net
Kondisi cendekiawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun dikabarkan sudah membaik/Net

Kondisi Cendekiawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun dikabarkan mulai membaik meski masih menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta. Cak Nun sudah bisa berkomunikasi dengan lancar.


"Perkembangan hari ini Mbah Nun semakin baik. Kondisinya sadar, stabil, dan bisa berkomunikasi lancar," ujar mantan Sekretaris Cak Nun, Noor Janis Langga Barana, saat dihubungi wartawan, Sabtu (8/7).

Informasi tersebut didapat Janis dari adik Cak Nun, Cak Zaki. Namun demikian, sejauh ini Cak Nun belum bisa dibesuk secara tatap muka.

"Belum bisa dibesuk. Kalau besuk tidak bisa di ruang perawatan, hanya di ruang pembesuk dan ditemui Mbak Via (Novia Kolopaking, istri Cak Nun) dan keluarga," terangnya.

"Mohon didoakan terus," sambung Janis.

Cak Nun dirawat di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, sejak Kamis (6/7) sekitar pukul 14.30 WIB.

Dituturkan Janis, Cak Nun sebelumnya tampil bersama Kiai Kanjeng di Kampung Mataraman, Sewon, Kabupaten Bantul, pada Minggu malam (2/7) hingga pukul 00.00 WIB. Esoknya Cak Nun beraktivitas seperti biasa.

"Kamis kan biasanya ada tawasulan, bersholawat tiap malam Jumat. Mungkin karena kelelahan, karena memang Cak Nun harus dijaga, secara fisik beliau kan sudah 70 tahun," sebutnya.

Menurut Janis, ini adalah kali pertama Cak Nun masuk rumah sakit hingga harus menjalani rawat inap. Cak Nun sebelumnya sempat mengalami stroke ringan tapi tak sampai dirawat di rumah sakit.

"Sebelumnya stroke ringan lalu pulih kembali, dan setahu saya ini stroke ringan yang ketiga," tandasnya.