Kuswanto Minta Keluhan Jalan Rusak Hingga PJU Di Jombang Segera Diperbaiki

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Puluhan warga terlihat antusias menghadiri acara reses yang diadakan anggota Fraksi Demokrat DPRD Jawa Timur Kuswanto, di desa Kepuh Kembeng, kecamatan Peterongan, kabupaten Jombang pada Sabtu (15/7/2023).


Dalam acara itu, beberapa warga menyampaikan keluhannya kepada anggota DPRD Jatim dari Dapil Mojokerto-Jombang tersebut. Salah satu keluhan disampaikan oleh Imam, warga Kepuh Kempeng yang meminta agar pemerintah memberikan bantuan lampu jalan di wilayahnya.

Pasalnya, saat ini, kondisi jalan di wilayah itu terlihat gelap, karena tidak semua warga ikut memasang lampu penerangan di depan rumah.

“Kami berharap agar pemerintah memberikan bantuan lampu penerangan jalan, karena selama ini PJU nyalur dari rumah kerumah,” katanya.

Sementara itu, Makin, warga Kepuh Kembeng lainnya berharap agar pemerintah memperbaiki jalan yang ada di wilayahnya. Sebab, selama ini, kondisi jalan mulai rusak, sehingga cukup menganggu aktivitas warga ketika bepergian.

“Jalannya berlubang dan kami minta agar secepatnya diperbaiki,” katanya.

Menanggapi keluhan itu, Politisi Partai Demokrat tersebut berjanji akan menindaklanjuti dan menyampaikan aspirasi warga kepada Pemkab Jombang.

“Kalau penerangan jalan itu tanggung jawab pemerintah kabupaten, nanti segera saya sampaikan supaya ditindaklanjuti dan dipasang,” kata Kuswanto menjawab keluhan warga.

Dalam kesempatan itu, Kuswanto juga menyampaikan, selama terpilih menjadi anggota DPRD Jatim, pihaknya terus menampung keluhan warga agar ditindaklanjuti.

Salah satu langka yang dilakukan adalah membentuk kelompok relawan yang diberi nama “Sedulur Kuswanto” untuk menyerap aspirasi warga. Relawan itu sudah dibentuk selama bertahun-tahun, dan diberi tugas khusus, mendengarkan dan mencatat keluhan warga.

‘Kita sudah bekerja selama bertahun-tahun. Ada ribuan relawan yang mendengarkan keluhan warga dan kami tampung serta sampaikan ke pemerintah,” katanya.

Kuswanto mengaku senang karena masyarakat sudah bisa mandiri dalam bidang ekonomi dan menyelesaikan tantangan, pasca pandemic Covid 19. Akan tetapi, dia berharap, agar pemerintah hadir, menyelesaikan pembangunan yang dibutuhkan warga.

Diantaranya adalah segera memasang lampu penerangan jalan agar tidak menjadi beban bagi warga.

“Yang menjadi keluhan adalah keluhan pemerintah bisa memfasilitasi apa yang dirasakan dan dibutuhkan masyarakat. Misalnya masyarakat ingin lampu penerangan jalan difasilitasi masyarakat. Masyarakat harapannya sudahlah jangan dibebani,” kata dosen Universitas Darul Ulum Jombang itu.

Kuswanto juga meminta agar pemerintah segera melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan desa yang rusak sehingga tidak menganggu aktivitas warga.

“Belum ada perwujudan jalan sesuai yang diharapkan, misalkan jalannya belum aspal dan bergelombang. Masyarakat sudah bisa menyelesaikan perekonomian secara mandiri ya sekarang harus dibantu untuk pembangunan jalan,” pungkasnya.