PPIH Kirim 90 Ribu Galon Air Zamzam Tambahan untuk Jemaah Haji 

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi secara bertahap telah mengirim tambahan air Zamzam untuk jemaah haji Indonesia. Tercatat, ada 90 ribu galon air Zamzam ukuran 5 liter telah dikirim PPIH dari Saudi Arabia ke tanah air.


"Sampai hari ini, baru 90 ribu galon air Zamzam yang sudah kita kirim. Jadi, masih banyak yang harus dikirim," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Haryanto dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (14/7).

Dikatakan Haryanto, air Zamzam tambahan tersebut akan dikirim ke 13 Embarkasi di seluruh Indonesia. Untuk pengambilannya, menunggu informasi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag di masing-masing daerah.

"Soal pengambilan air Zamzam, akan ada informasi lebih lanjut dari Kanwil Kemenag," kata Haryanto.

"Secara teknis, jemaah atau keluarga jemaah bisa mengambil di embarkasi dengan membawa paspor jemaah bersangkutan. Waktunya menunggu informasi dari Kanwil ya,"  sambungnya.

Seperti diketahui, pada tahun 2023, jemaah haji Indonesia akan memperoleh tambahan air Zamzam sebanyak 5 liter.

Sehingga, total air Zamzam yang akan diterima jemaah sebanyak 10 liter, dengan rincian 5 liter pertama diterima jemaah setibanya di debarkasi. Adapun tambahan 5 liter berikutnya menunggu pengiriman tahap dua dari Saudi Arabia.

Tambahan 5 liter air Zamzam menjadi berkah tersendiri bagi jemaah Indonesia. Pasalnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir jemaah haji Indonesia hanya memperoleh air Zamzam sebanyak 5 liter.