Demi Tingkatkan Nasionalisme dan Persatuan, Bupati Bondowoso Bagikan Ribuan Bendera

Foto : Kegiatan bagi-bagi bendera merah putih di Bondowoso/ist
Foto : Kegiatan bagi-bagi bendera merah putih di Bondowoso/ist

Sebanyak 3000 bendera merah putih dibagikan oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Bondowoso kepada masyarakat, Senin (17/7).


Dipimpin langsung oleh Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin sebanyak 3000 Bendera Merah Putih tersebut dibagikan diseputaran jalan protokol alun-alun Bondowoso.

Pembagian bendera tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme seiring dengan akan dilaksanakannya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI 2023.

“Kami membagikan 3000 Bendera Merah Putih kepada seluruh masyarakat Bondowoso,” ujar ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati berharap, Bendera Merah Putih sebagai identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia bisa makin kuat. Juga untuk menggalang partisipasi swadaya masyarakat agar semakin cinta Indonesia dengan mengibarkan Bendera Merah Putih.

Dengan melibatkan berbagai unsur, bendera Merah Putih dibagikan kepada pedagang dan pembeli untuk dikibarkan dirumah masing-masing 1-31 Agustus 2023. Seruan mengibarkan bendera di depan rumah warga harus terus digaungkan, digelorakan.

“Dengan semangat HUT ke-78 Kemerdekaan RI , kita kibarkan bendera Merah Putih dengan penuh semangat,” ajak alumni PP Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo .

Bupati menegaskan, mengibarkan bendera Merah Putih dilakukan sebagai rasa syukur dan terima kasih kepada para pejuang kemerdekaan dan meningkatkan nasionalisme, Bendera Merah Putih di bulan Agustus harus berkibar sebulan penuh.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Bakesbangpol, Ghozal Rawan mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk mengibarkan bendera Merah Putih. Dia mengingatkan bahwa perjuangan merebut kemerdekan membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. 

Harta dan nyawa dikorbankan oleh para pendahulu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Saat ini kita tinggal mengisi kemerdekaan, dan mengibarkan bendera merupakan wujud nyata menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan serta sebagai bukti nasionalisme yang tinggi.

"Diwajibkan kepada seluruh warga negara Indonesia untuk mengibarkan bendera Merah Putih selama bulan Agustus. Tujuannya, untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia," pungkasnya. (adv)