MAKI Kirim Dokumen Data Dugaan Korupsi Proyek DAS Ampal Balikpapan ke KPK

Sekjen MAKI Komaryono/ist
Sekjen MAKI Komaryono/ist

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mengirimkan dokumen dan data terkait dugaan tindak korupsi proyek DAS Ampal Balikpapan.


Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mengirimkan dokumen dan data terkait dugaan tindak korupsi proyek DAS Ampal Balikpapan.

Hal itu sesuai dengan permintaan surat dari KPK No. R/3529/PM.00.00/30-35/07/2023 tanggal 18 Juli 2023 kepada MAKI.

Sekjen MAKI Komaryono menambahkan, tidak hanya data-data yang diminta KPK, pihak MAKI juga akan berkoordinasi terkait pengadaan dugaan tindak pidana korupsi lainnya. 

"Disamping kami menyerahkan tambahan data data sebagaimana surat dari KPK tersebut kami juga ke KPK akan melakukan kordinasi terkait Pengadaan Pompa Banjir Mobil yang diadakan oleh CV. Dwira Energy Vitama dengan nilai kontrak Rp 7.330.002.660, menggunakan APBD Kota Balikpapan tahun anggaran 2022, Proyek Pengadaan Cromebook pada Dinas Pendidikan Kota Balikpapan dengan nilai berkisar 14 milliar rupiah tahun anggaran 2023 dan Renovasi Gedung Dewan dengan anggaran lebih kurang 7 milliar rupiah," ukar Komaryono dalam keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (1/8). 

Ditambahkan pula, selain itu dirinya akan berkoordinasi ke KPK terkait  beberapa kegiatan pada Dinas lain, termasuk Dinas PU maupun Dinas Kesehatan pada Kota Balikpapan. 

"Ada beberapa kegiatan di dinas PU, dinas Kesehatan diantaranya di pemkot Balikpapan. Itu nantinya akan kita koordinasikan kepada KPK," ujarnya. 

Adapun data yang ditambahkan dan dikirimkan ke KPK diantaranya, dokumen kontrak MK pembangunan bangunan Air Pengendali Banjir DAS Ampal antara PU kota Balikpapan dengan PT Yodya Karya (Persero). Dokumen pembangunan bangunan Air Pengendali Banjir DAS Ampal antara PU kota Balikpapan dengan PT Fahreza Duta PerkasaPerkasa. 

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta MAKI untuk segera melengkapi dokumen pendukung laporan dugaan tindak korupsi proyek DAS Ampal Balikpapan.

Surat permintaan KPK yang ditandatangani Plt.Deputi Bidang Informasi dan Data Eko Marjono tersebut sebagai tanggapan atas surat laporan dugaan tindak korupsi dari MAKI nomor 3231/SK/MAKI/VI/2023 yang dikirimkan pada tanggal 19 Juni 2023.