Melalui Youth Mental Health Center, Kemenpora Tingkatkan Kesehatan Mental Generasi Muda  

Plt. Dep.1 Kemenpora, Yohan, saat memberikan sambutan di Media Center Kemenpora/RMOLJatim
Plt. Dep.1 Kemenpora, Yohan, saat memberikan sambutan di Media Center Kemenpora/RMOLJatim

Program Youth Mental Health Center (YMHC) untuk meningkatkan perhatian terhadap kesehatan mental generasi muda Indonesia.


Hal tersebut disampaikan Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Dr. Drs. Yohan M.Si saat memberikan sambutan dalam acara Launching program Youth Mental Health Center di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/8).

"Kita tahu anak muda Indonesia yang berusia 16-30 tahun  berjumlah 65,82 juta. Jadi begitu besarnya jumlah pemuda di Indonesia ini hingga menjadi perhatian pemerintah, karena para pemuda ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa yang akan datang terutama dalam  menuju Indonesia emas tahun 2045," ucapnya.

"Jadi kita harus persiapkan anak muda ini tidak hanya disiapkan secara fisik, kualitas, kepemimpinan, kapasitas kapabilitas yang ada di dirinya tapi juga harus disiapkan mental healthnya," sambungnya.

Menurutnya, program YMHC juga untuk mengimplementasikan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 32 Tahun 2016 tentang Sentra Pemberdayaan Pemuda serta Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 1 Tahun 2018 tentang Strategi, Capaian, dan Kurikulum Sentra Pemberdayaan Pemuda serta dalam upaya mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) dalam domain kesehatan.

"Kita mengetahui di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dengan Prioritas Nasional di nomor ketiga yaitu  pemerintah ingin meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Salah satu adalah ingin meningkatkan kualitas pemuda. Salah satu Indikator bisa melihat keberhasilan peningkatan kualitas pemuda dilihat dari nilai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).   Pada  tahun 2024 target nilai IPP Indonesia  sebesar 57,67," jelasnya pada Kantor Berita RMOLJatim.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa YMHC atau Pusat Kesehatan Mental Pemuda (PKMP) sebagai upaya untuk menghadapi tantangan kesehatan mental yang semakin kompleks di kalangan pemuda.

"Kebijakan ini selaras dengan salah satu inisiasi konsep yang diusung oleh Kemenpora yakni Olah Raga, Olah Rasa dan Olah Karya dimana kebijakan YMHC ini menjadi bagian dari Olah Rasa," jelasnya.

"Program ini berkomitmen untuk menyebarkan pemahaman tentang pentingnya kesehatan mental dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan emosional dan kesehatan mental yang baik bagi masyarakat Indonesia," tutupnya.