Kerap Terjadi Bencana, Pemkab Bondowoso Gelar Apel Pasukan

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pemkab Bondowoso laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam Rangka Kesiapsiagaan atau Kontingensi Menghadapi Bencana Alam,Non Alam dan Sosial, Kamis (10/8) di Alun-alun Bondowoso.


Dalam apel tersebut dihadiri sejumlah pimpinan mulai dari Bupati KH Salwa Arifin, sekda Bambang Sukwanto ,serta perwakilan dari TNI,Polri, Polri,BPBD,Sat Pol PP, Perhutani,DLH, Tagana,PMI masing masing 1 SSK.

Dalam sambutanya bupati menyampaikan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa posisi geografis Kabupaten Bondowoso berupa daerah pegunungan dan perbukitan kondisi tersebut menjadikan kepada Bondowoso memiliki berbagai potensi bencana .

"Potensi bencana tersebut tersebar di sebagian wilayah dan berpotensi terjadinya bencana geografis gempa bumi, erupsi gunung api, dan bencana longsor serta kebakaran hutan dan lahan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Apel bencana alam maupun bencana sosial lainnya dan peralatan hari ini kata bupati dalam rangka antisipasi menghadapi bencana di wilayah  Bondowoso.

"Kesiap siagaan sangat diperlukan untuk meminimalisir dampak peristiwa tersebut, baik berupa harta maupun nyawa,"ungkapnya.

Putra KH .Togo Ambarsari ini juga mengatakan ,bahwa  selain itu perlu untuk mempersiapkan personil maupun peralatan dalam kondisi siap.

Jika sewaktu-waktu terjadi bencana dan dibutuhkan.

"Dengan digelarnya Apel ini kami berharap akan adanya peningkatan kewaspadaan dan melakukan segala kemungkinan akan terjadi. Penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah,"papar bupati.

Namun  bupati berharap masyarakat juga harus menjaga kewaspadaan dalam menghadapi bencana,untuk antisipasi dan kesiapan menghadapi bencana di Kabupaten Bondowoso.

Bupati menghimbau kepada seluruh instansi terkait agar melakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi cuaca dan atau peringatan dini dari BMKG.

"Selain itu harus menyiapkan seluruh aparatur dan berkoordinasi dengan TNI Polri untuk Kesiap siaga bencana ,"harapnya.

Tak kalah pentingnya juga menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka siaga banjir akibat bencana alam lainnya. 

"Juga menyebarluaskan informasi potensi bencana melalui berbagai saluran informasi seluas-luasnya serta mengkoordinasikan proses kesiapsiagaan penyelamatan dan evakuasi,"pungkasnya.

Informasi tambahan, dalam beberapa waktu terakhir telah terjadi beberapa kali kebakaran, baik pemukiman, lahan hingga hutan di kabupaten Bondowoso.