Lestarikan Olahraga Tradisional, Disparbudpora Bondowoso Gelar Lomba Gobak Sodor Antar OPD

Gobak Sodor di Alun-alun Bondowoso/RMOLJatim
Gobak Sodor di Alun-alun Bondowoso/RMOLJatim

Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-78, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar sejumlah kegiatan dan perlombaan. 


Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) misalnya menggelar lomba tradisional berupa Gobak SodorSodor di Alun-alun Raden Bagus Asra. 

Kadisparbudpora Mulyadi mengatakan bahwa kegiatan tersebut diadakan sebagai bentuk memeriahkan HUT RI Ke-78. 

"Sekaligus untuk melestarikan olahraga tradisional kita yang seringkali juara tingkat nasional," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (14/8). 

Mulyadi menyampaikan, dalam 2 tahun terakhir Gobak Sodor Bondowoso eksis dikancah nasional dan pada kesempatan ini sebanyak 32 tim dari Kecamatan maupun dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut berpartisipasi. 

“Sementara ini kita fokus kepada opd dan Kecamatan sebagai peserta,” terangnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk apresiasi kepada olahraga yang masih lestari di Bondowoso, terlebih saat ini Bondowoso juga memeriahkan Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) ke-204. 

"Tahun depan mungkin kami gelar lebih meriah lagi, dengan melibatkan masyarakat umum sebagai peserta," tambahnya. 

Mulyadi berharap, olahraga tradisional bisa dilestarikan oleh masyarakat Bondowoso, saat ini Gobak Sodir sudah menjadi unggulan Kabupaten, dalam event-event yang dilaksanakan oleh (Kormi) Komite Olahraga rekreasi masyarkat Indonesia.