Gelar Sidang Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden, DPRD Malang Tekankan Kolaborasi

Suasana Sidang Paripurna menyambut Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke-78 di Gedung DPRD Kabupaten Malang/RMOLJatim
Suasana Sidang Paripurna menyambut Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke-78 di Gedung DPRD Kabupaten Malang/RMOLJatim

DPRD Kabupaten Malang menggelar sidang paripurna dengan mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Indonesia di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Rabu (16/8).


Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi menyampaikan agar ke depan Indonesia semakin maju, terutamanya Kabupaten Malang bisa mencapai cita-cita kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

"Kita sampaikan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Semoga Kabupaten Malang bisa melaksanakan Malang Makmur," ujarnya usai memimpin sidang dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurut dia, pada tanggal 17 Agustus sebagai titik tolak perjuangan bangsa Indonesia. Yang mana, pentingnya mengenang pengorbanan dan perjuangan para pahlawan bangsa yang telah melahirkan kemerdekaan.

"Mari seluruh elemen masyarakat untuk terus bersatu, demi mewujudkan cita-cita pembangunan di Kabupaten Malang. Mari jadikan ini sebagai pemicu semangat, karena ada tanggung jawab besar yang harus dipikul bersama. Mari kita bersemangat membangun bangsa agar sejahtera, khususnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Malang ini,” ujarnya.

Darmadi meminta semangat pembangunan terus ditingkatkan. Dengan kolaborasi dalam pembangunan.

"Termasuk di dalamnya kerja sama antara pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat. Kemudian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai panduan utama dalam meraih kemajuan di Kabupaten Malang," tuturnya.

"Untuk sektor-sektor yang perlu dioptimalkan sesuai dengan visi misi Malang Makmur. Jadi selain urusan wajib seperti pendidikan, kesehatan, juga beberapa sektor lain. Salah satunya adalah di bidang infrastruktur. Termasuk pemberdayaan yang telah disampaikan tadi. Terkait dengan pemuda, remaja, maupun pemberdayaan terhadap ekonomi kreatif. Itu yang akan kita gerakkan di 2024,” imbuhnya.

Pada sidang paripurna yang dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang tersebut, Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya menekankan bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk meraih Indonesia Emas Tahun 2045.

Presiden Jokowi menyebutkan, peluang besar yang dimiliki yakni adanya bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an.

"Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar jika kita melewatkan kesempatan ini, karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu akan kembali memilikinya,” jelas Presiden Jokowi melalui siaran live.