Anies Disarankan Gandeng Jenderal Polisi Jika Ingin Menang

Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan/Ist
Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan/Ist

Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dalam beberapa survei terakhir selalu menempati posisi terbawah. Anies terpaut berada di bawah dua pesaingnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 


Banyak faktor yang menyebabkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu berada dalam posisi buncit dalam perolehan elektabilitas capres yang dikeluarkan beberapa lembaga survei.

Koordinator Nusa Ina Connection, Abdullah Kelrey menilai, mesin partai dari koalisi pendukung Anies serta belum ada figur cawapres yang diusung menjadi penyebab utama eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu belum terdongkrak elektabilitasnya.

"Faktor cawapres saya kira menjadi penyebab utamanya. Biar elektabilitasnya ngangkat dan bahkan bisa menang di Pilpres 2024, saya kira Anies harus berpasangan dengan (Purnawirawan) Jenderal Polisi," kata Abdullah melansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu malam (30/8).

Menurut dia, sejak republik ini didirikan belum pernah ada jenderal seragam cokelat yang menjabat sebagai presiden atau wakil presiden.

"Nah, Anies harus bisa mengukir sejarah dengan menempatkan Jenderal Polisi sebagai cawapresnya," imbuh dia.

Lanjut mantan Ketua Garda Nawacita itu, sederet Jenderal Polisi saat ini memiliki popularitas yang tinggi. Diyakini ketika Anies menggandengnya sebagai cawapres, maka elektabilitasnya akan terangkat.

Abdullah menyebut beberapa nama seperti Mendagri RI sekaligus mantan Kapolri, Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian; mantan Menpan RB dan Wakapolri, Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, bisa dipertimbangkan oleh koalisi partai pendukung Anies.

Bahkan Ketua KPK, Irjen Pol Firli Bahuri yang rencananya akan pensiun di bulan Desember 2023 mendatang, sebut Abdullah juga berpotensi menjadi cawapres Anies.

"Firli Bahuri bisa saja pensiun dini dan langsung didaftar menjadi cawapres Anies. Jadi para Jenderal Polisi ini berpotensi maju jadi cawapresnya Anies. Saya yakin Anies bisa menang di tahun 2024," pungkasnya.