Dilaporkan Hilang Selama Sehari, Bocah 6 Tahun Ditemukan Meninggal di Sungai

Tempat korban ditemukan/ SAR
Tempat korban ditemukan/ SAR

Tim SAR gabungan menemukan keberadaan Faeza Savier (6) seorang anak asal Blimbing yang sebelumnya dilaporkan telah tenggelam di sungai Brantas, Bululawang, kabupaten Malang, pada Minggu (3/9/ 2023).


Faeza ditemukan sudah dalam kondisi meninggal, sekitar pukul 16.10 WIB, di lokasi yang berjarak sekitar dua kilometer dari lokasi awal kejadian tenggelamnya korban, yaitu di daerah Sukonolo.

Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Haris Supardi selaku SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR kali ini mengatakan, tim SAR kemudian mengevakuasi jenazah korban ke darat dan membawanya ke rumah duka.

Upaya pencarian korban telah dilakukan sejak Sabtu (2/9/2023) malam, dengan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian. Pada hari kedua pencarian, lanjut Haris, sebanyak 2 SRU air dikerahkan untuk melakukan pencarian di sungai Brantas. 

SRU air pertama melakukan pencarian dengan tehnik tubing, yaitu dengan menggunakan alat bantu apung dari ban bekas, dimulai dari lokasi kejadian menuju ke daerah jembatan Sukonolo, jarak tempuhnya sekitar 1,4 kilometer.

SRU air kedua melakukan pencarian korban dengan menggunakan tiga unit perahu rafting, dimulai dari lokasi kejadian menuju ke DAM Blobo, dengan menempuh jarak sekitar 3,7 kilometer.

Pada saat yang bersamaan, beberapa orang personel tim SAR gabungan juga melakukan pemantauan di beberapa lokasi yang ada di sepanjang aliran sungai Brantas. Mereka juga menyebarluaskan informasi tentang hanyutnya korban kepada warga yang beraktivitas di sekitar sungai.

“Melalui upaya penyebarluasan informasi ini, diharapkan pada warga yang melihat korban untuk melaporkannya kepada petugas SAR gabungan, agar kemudian dilaksanakan evakuasi,” ungkap Haris.

Sejumlah pihak ikut terlibat dalam proses pencarian hingga evakuasi korban, diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, Polsek Bululawang, Koramil Bululawang, BPBD kabupaten Malang, MDMC, EsTehAnget, Rescue 020, JKJT, SAR Kanjuruhan, Kresna 384, Rescue Bululawang, SAR Bhayangkara, SAR Lintamal, RAPI, Rescue Bela Negara, Rescue AP, Rescue Popeye, SARGab, PPMR, KOKAM, GIB, Wallpit, Umikama, RTA, SAR MTA, Satria Rescue, Saka SAR, IEA, SAR Awangga, WLP, Bima Sakti, Banser, MSR, warga sekitar serta potensi SAR lainnya.