Hari Batik Nasional, Wali Kota Mojokerto Kenalkan Batik Motif Baru ke Kemenparekraf

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Menparekraf/ist
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Menparekraf/ist

Bertepatan Hari Batik Nasional, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memperkenalkan batik motif baru khas Kota Mojokerto dalam acara 'The Weekly with Sandi Uno', di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (2/10).


Motif batik kontemporer modern dengan tema Langit, Bumi dan Flora Fauna Majapahit yang menggunakan pewarna alami, ramah lingkungan serta mendukung ekonomi hijau (Green Economy).

Motif batik terbaru dari Kota Mojokerto ini nantinya akan ditampilkan dalam gelaran Mojo Batik Festival (MBF) 2023 yang akan diselenggarakan di Kota Mojokerto pada 7 Oktober 2023.

Batik dan fashion yang akan ditampilkan dalam MBF 2023 ini merupakan hasil pendampingan dan kurasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) terhadap 30 pengrajin batik, 12 designer fashion, 2 designer kraft, dan 1 designer alas kaki Kota Mojokerto yang dilaksanakan sejak Juli sampai September 2023.

"Mojo Batik Festival ini sejatinya sudah tahun ketujuh, namun ada yang berbeda di tahun 2023 ini, yang ditampilkan adalah hasil kurasi batik dan fashion yang telah didampingi oleh Kemenparekraf, yaitu batik kontemporer dan pewarnaan alam," ungkap Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Pada kesempatan ini, Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno memuji adanya event Mojo Batik Festival. Bahkan ia berharap batik Kota Mojokerto bisa menembus pasar Internasional, seperti New York Fashion Week.

"Saya bermimpi nih batik dari Kota Mojokerto suatu saat bisa menembus ke pasar Internasional, New York Fashion Week," ungkap Mas Menteri sapaan akrabnya.

Pada gelaran Mojo Batik Festival 2023 nanti, akan ditampilkan 20 busana hasil rancangan desainer kenamaan Indonesia yang berasal dari Kota Mojokerto, Diana Couture.

Hasil rancangan Diana Couture telah mendunia hingga New York Fashion Week (NYFW) Amerika Serikat. Serta dipakai beberapa artis Internasional diantaranya Lady Gaga, Nicki Minaj, Janet Jackson, hingga BLACKPINK.