Indonesia Desak PBB Bentuk Komisi Independen Usut Serangan Israel ke Gaza

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net

Indonesia mendesak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk menghentikan agresi yang dilakukan oleh Israel ke Gaza, serta menyelidikinya. 


Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi selama pertemuan darurat Sidang Majelis Umum PBB pada Kamis (26/10).

Retno mengatakan PBB harus segera mendesak gencatan senjata yang bertahan lama dan dipatuhi, serta mencegah kejadian serupa terulang kembali.

"Untuk itu, PBB harus meminta pertanggungjawaban terhadap Israel, termasuk dengan membentuk komisi penyelidikan independen untuk menyelidiki serangan Israel terhadap rumah sakit dan tempat ibadah, serta pengusiran massal warga sipil di Gaza," kata Retno.

Pada kesempatan itu, Retno menyangkan Dewan Keamanan PBB yang gagal mengambil langkah yang diperlukan. Sehingga Majelis Umum PBB harus membuktikan perannya.

“Kehadiran saya di sini adalah untuk membela kemanusiaan. Indonesia mengutuk sekerasnya kekerasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina, termasuk serangan terhadap rumah sakit dan tempat ibadah di Gaza," pungkasnya dimuat Kantor Berita Politik RMOL.