Jadi Kesempatan Langkah, Waketum PSSI Berharap Timnas Maksimalkan Piala Dunia U-17

Timnas U-17/ PSSI
Timnas U-17/ PSSI

Zainudin Amali Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI mengatakan bahwa kesempatan Tim Nasional (Timnas) Indonesia bermain di Piala Dunia adalah momentum langkah


Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa ajang pesta bola dunia itu harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjukkan kemampuan terbaik Timnas Indonesia.

"Kita berharap itu menjadi motivasi dari mereka, dan kita akan dorong terus supaya anak-anak bisa main baik," ucapnya saat berada di Lapangan latihan A Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Selasa (7/11/2023) malam.

Amali mengatakan, persiapan Timnas Indonesia hingga saat ini sudah dilakukan dengan baik. Bahkan pembentukan kerangka Garuda Muda itu, diawali dari pemantauan talenta muda di beberapa Kota di Indonesia, hingga telah melakukan agenda uji coba di Bali, Jakarta, hingga Jerman.

"Dan syukur ada perkembangan yang baik dari pemain U-16, kemudian ditambah dari rekrutmen dari 12 kota, dan ada juga diaspora yang kita dapatkan, tentu sesuai dengan kualifikasi yang sudah ditetapkan oleh coach Bima, jadi standarnya mengikuti itu," ujarnya.

Bahkan Amali menyebut, skuad Timnas Indonesia U-17 memiliki ketahanan yang bagus. Hal itu terbukti ketika skuad Garuda Muda harus beradaptasi cepat dari agenda di Jerman dan kemudian balik ke Indonesi, yang memiliki cuaca jauh berbeda.

"Saya itu sempat khawatir pada saat kembali dari Jerman penyesuaian cuaca, kan di sana sampai -6, -5 (derajat celcius) kemudian datang ke Jakarta yang diatas 30-an kan gitu ya. Tapi alhamdulillah daya tahan anak-anak ini bagus," tuturnya.

Untuk menunjang hasil yang maksimal, ia juga mengajak masyarakat untuk turut memberikan dukungan pada Timnas Indonesia agar bisa meraih hasil positif di pertandingan Piala Dunia U-17 tahun ini.

"Mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia dan dukungan. Supaya dalam pertandingan di Surabaya ini, Timnas Insya Allah bisa mendapatkan hasil yang baik," katanya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan mengawali pertandingan dengan melawan Ekuador pada tanggal 10 November. Kemudian dilanjut melawan Panama pada tanggal 13 November, dan melawan Maroko pada tanggal 16 November mendatang.