Atasi Menurunnya Permintaan BBM, Pertamina Genjot Produksi Petrokimia 

Kilang TPPI/Net
Kilang TPPI/Net

Untuk mengatasi kemungkinan menurunnya permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di masa depan, PT Pertamina (Persero) menggencarkan produksi petrokimia. 


Perseroan tersebut bahkan menargetkan kapasitas produksi petrokimia naik 4x lipat menjadi 7,5 juta ton per tahun dari saat ini 1,9 juta ton per tahun.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kualitas produk dari beberapa kilang, serta meningkatkan kapasitas produksi petrokimia.

"Dan petrochemical ini akan kita tingkatkan kapasitasnya. Nantinya demand BBM kita prediksi akan turun, sehingga petrokimia produk ini akan meningkat," ungkap Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, dikutip Kamis (23/11).

"Kapasitas produksi petrokimia naik 4x dari sebelumnya 1.900 kilo ton per tahun (TPA) menjadi 7.500 kilo ton per tahun," tulis Pertamina dalam pemaparannya dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Adapun beberapa proyek kilang yang akan memproduksi petrokimia antara lain Kilang Balongan, Revamp dan Olefin Kilang TPPI, dan kilang baru Tuban.

Hal tersebut dilakukan sejalan dengan rencana transisi energi, dengan mengembangkan proyek kilang untuk bahan bakar hijau yang tengah digencarkan oleh Pertamina.