KIP Prabowo: Infrastruktur Dan Budaya Digital Harus Digenjot Untuk Masyarakat Pacitan.

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Kabupaten Pacitan sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan (85%) gunung dan termasuk dalam deretan Pegunungan Seribu.


Pertumbuhan ekonomi Pacitan yang signifikan pada tahun 2022 lalu merupakan cerminan dari potensi ekonomi lokal yang terus tumbuh dan berkembang. Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan menjadi tulang punggung pertumbuhan ini. 

Hal itu disampaikan oleh penasehat Relawan KIP Prabowo-Gibran Fandi Utomo. Menurutnya, pertumbuhan ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Pacitan dan berfungsi sebagai pemicu pengelolaan potensi daerah lebih lanjut. 

"Pertumbuhan ini tidak hanya menjadi trigger, tetapi juga memberikan multiplier effect bagi geliat perekonomian Kabupaten Pacitan, serta menjadi pendorong utama bagi pengelolaan potensi daerah ke depan," ujarnya saat memberi pengarahan dalam Deklarasi Relawan KIP Prabowo-Gibran Pacitan, Kamis (23/11) malam. 

Oleh karenanya, Program Kerja Prabowo-Gibran adalah mengupayakan hilirisasi yang dilakukan dengan memastikan terjadinya transfer teknologi, mengembangkan SDM lokal, dan, menjaga lingkungan, yang dipastikan akan meningkatkan nilai tambah bagi lapangan pekerjaan,  ekonomi, tetapi juga efek pengganda sosial. Salah satunya mendorong generasi muda perlu masuk dunia kewirausahaan, menghadirkan inovasi, digitalisasi dan memberikan kesempatan pekerjaan bagi banyak orang. 

Fandi Utomo menjelaskan, digitalisasi di segala sektor akan menjadi strategi terintegrasi. Semua bergerak menuju sebuah masa depan yang lebih memberikan manfaat bagi semua elemen masyarakat, melindungi dan merevitalisasi pasar tradisional dan menjaga ekosistem pasar rakyat. 

Selain itu juga menciptakan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru, termasuk pariwisata, ekonomi kreatif, ekonomi digital, usaha rintisan, industri syariah, dan maritim berbasis komunitas dan pastinya memperkuat konektivitas digital di seluruh wilayah untuk seluruh kelompok masyarakat Pacitan.

Dia mengungkapkan, Pacitan sudah bukan lagi daerah yang terisolasi sejak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden, akses jalan banyak dan bagus. Namun, tetap saja dibutuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai kabupaten sekitarnya. Atau dengan kata lain merupakan remote area. Perkembangan teknologi digital dan infrastruktur  internet pun sudah sangat  sudah berkembang pada dua era presiden terakhir. 

"Namun demikian, digital adalah kebudayaan, suatu budaya baru. Literasi digital, infrastruktur digital dan lingkungan digital adalah faktor," jelasnya.

Untuk membudayakan digitalisasi ke masyarakat Pacitan, kata Fandi, baik yg tinggal di pedasaan maupun perkotaan bahwa teknologi dan internet secara signifikan membentuk cara manusia berinteraksi, berperilaku, berpikir dan berkomunikasi sebagai manusia dalam lingkungan masyarakat.

"Budaya digital atau digital culture sudah menjadi tatanan kehidupan baru masyarakat. Hal ini juga memengaruhi gaya interaksi mereka sehingga menimbulkan kebiasaan baru, seperti menggunakan media sosial, berbelanja online, melakukan pembayaran digital, pendidikan online, dan work from home (WFH) ataupun work from remote area (WFR)," tegasnya.

Ketua KIP Kabupaten Pacitan Pamuji Hariyanto menambahkan, Prabowo-Gibran memiliki program yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal itu menjadi poin lebih yang dipunyai oleh pasangan nomor urut 2 tersebut.

"Hanya program Pak Prabowo-Gibran yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya usai deklarasi didampingi oleh Koordinator KIP Wilayah Mataraman Musowir Ahmad dan KIP Prabowo-Gibran Jawa Timur Jonnathan Prasetya Nafi.

Karena itu, KIP Prabowo-Gibran Pacitan akan all out memenangkan pasangan nomor urut 2 tersebut agar bisa menjalankan program yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami akan all out memenangkan pak Prabowo-Gibran, masayarakat harus membuka mata bahwa hanya Prabowo-Gibran yang layak terpilih pada pilpres 2024 ini," tandasnya.