Para Petani Karesidenan Madiun Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Keterangan foto : Ketua Relawan Prabowo Pembela Petani, Yudi Samhana bersama Pembina Relawan Peduli Petani Naniek S Deyang/ist.
Keterangan foto : Ketua Relawan Prabowo Pembela Petani, Yudi Samhana bersama Pembina Relawan Peduli Petani Naniek S Deyang/ist.

Petani se-Karesidenan Madiun mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 2 (dua), yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Deklarasi yang dilaksanakan di Desa Sidorejo, Kecamatan Kebonsari kabupaten Madiun tersebut diikuti ratusan petani padi dan tebu. 

Ketua Relawan Prabowo Pembela Petani, Yudi Samhana mewakili para petani mengatakan dukungan kepada Prabowo - Gibran karena hanya Prabowo yang mampu memikirkan nasib para petani. 

"Alhamdulilah pada hari ini sudah terlaksana deklarasi petani se - Karesidenan Madiun, baik petani padi maupun petani tebu. Teman - teman petani mendukung penuh Pak Prabowo dan Mas Gibran untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024, " kata Yudi Samhana, Minggu (10/12). 

Yudi menambahkan, permasalahan yang terjadi di kalangan petani adalah pupuk.  Sudah sering kali terjadi dikalangan petani ketika musim tanam tiba, pupuk subsidi langka, bahkan tidak sampai ke petani. Hanya pasangan Prabowo yang memikirkan melalui programnya bagaimana agar pupuk subsidi bisa langsung ke tangan petani.

"Caranya pupuk subsidi akan disalurkan ke desa melalui BUMDes. Karena, di desa yang tau luasan tanah atau sawah para petani, nanti akan dibagi sesuai kebutuhannya. Itu yang sudah disampaikan Pak Prabowo dan pasti akan terlaksana," ucapnya.

Program kedua untuk petani yaitu pinjaman atau modal Kredit Usaha Tani (KUT) yang dulu pernah ada. Program KUT akan dihidupkan kembali. Selain itu, Prabowo juga akan menutup jalan impor di saat panen. Impor pangan bakal di hapus agar petani di Indonesia bangkit kembali.

"Karena dari pupuknya sudah susah tidak bisa di dapat, akhirnya harganya mahal mereka kesusahan ekonomi, maka Prabowo akan memberikan kredit tanpa bunga buat petani di Indonesia. Makanya teman - teman petani mendukung penuh Pak Prabowo," ungkap Yudi Samhana.

Sementara itu, Pembina Relawan Peduli Petani Naniek S Deyang menerangkan usai acara deklarasi dukungan ke Prabowo - Gibran. Para petani mendapatkan 2 sak pupuk subsidi ZA Petro seharga Rp. 185 ribu per sak. 

"Kita juga siapkan pupuk subsidi jenis ZA Petro yang biasanya diluar seharga Rp220 ribu, bahkan kalau langka mencapai Rp225 ribu. Ini kita berikan subsidi kepada petani hanya membeli seharga Rp185 ribu per sak atau 50 kg-nya," terang Naniek S Deyang,

Pembelian pupuk subsidi ini lanjut Naniek, dilakukan bukan karena saat kampanye atau Nyapres. Tapi Prabowo sudah hampir setahun belakangan ini sudah banyak membantu petani di berbagai wilayah. Bahkan, di Madiun pemberian pupuk subsidi sudah dilakukan untuk kedua kalinya menjelang musim tanam.

"Setiap musim tanam Pak Prabowo selalu membantu untuk mensubsidi pupuk ZA. Sekali lagi bukan hanya saat musim kampanye ya," tegasnya. 

Ia mengungkapkan, pupuk subsidi ini diberikan untuk membantu petani. Karena, sering kali pada musim tanam, petani kesulitan mendapatkan pupuk di pasaran.

"Masalahnya, pupuk itu mereka bisa membeli, tapi pupuknya tidak ada. Jadi sekarang agar petani ini tenang, untuk menanam kita siapkan pupuknya dan disubsisdi dengan harga lebih murah dari harga di pasaran,"  pungkasnya.