Petugas Gabungan Pemkot Kediri Sidak Parcel Jelang Natal dan Tahun Baru

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru, sejumlah swalayan dan supermarket di Kota Kediri mulai menjual produk parcel. Parcel yang berisi makanan dan minuman seperti kue kering, cokelat, permen, kopi, teh, atau minuman ringan tersebut, dibanderol mulai harga 250 ribu hingga jutaan rupiah. Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperdagin) Kota Kediri, bersama Satpol PP, BPOM Kediri hari ini melakukan sidak di beberapa swalayan dan supermarket di Kota Kediri.


Petugas gabungan, pertama kali mendatangi  Golden swalayan. Petugas, membuka sample parcel, yang bertujuan untuk melakukan pengecekan masa kadaluwarsanya. Petugas, juga melakukan pengecekan satu persatu produk yang dirangkai dalam parcel. Kemudian, petugas mendatangi swalayan Superindo, Hypermart, dan Samudra. Dari hasil pengecekan, petugas tidak menemukan produk kadaluwarsa. 

Kabid Pengembangan Perdagangan Disperdagin Kota Kediri Rice Oryza Nusivera saat ditemui Jurnalis Radio ANDIKA Anto Christian mengatakan, untuk produk kadaluwarsa di parcel tidak ditemukan, hanya menemukan produk dalam parcel yang jangka waktu kadaluwarsanya pendek yaitu pada Bulan Januari 2024.

Sesuai ketentuan, untuk Parcel Nataru minimal jangka waktu kadaluwarsanya 3 bulan. Sedangkan untuk lebaran jangka waktunya 6 bulan. 

"Kami tidak menemukan adanya produk kadaluwarsa yang ada di dalam parcel. Kami hanya menemukan bahwa produk itu masa kadaluwarsanya berjangka waktu pendek hanya sampai januari 2024. Seharusnya, jangka waktu kadaluwarsa untuk moment nataru selama 3 bulan. Sedangkan untuk lebaran jangka waktunya 6 bulan, Kata Rice dikutip Kantor RMOLJatim, Kamis (14/12). 

Untuk diketahui, Petugas gabungan akan tetap melakukan pengawasan untuk parcel menjelang hingga pasca Natal dan Tahun baru mendatang.