Pasien Meninggal di Pondok Gus Samsudin, Diketahui Polisi Setelah Pengecekan CCTV

Pasien yang meninggal/ ist
Pasien yang meninggal/ ist

Seorang pasien ditemukan meninggal dunia di Pondok Nuswantoro, milik Samsudin Jadab alias Gus Samsudin, di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.


Kasi Humas Polres Blitar, Iptu Udiyono mengatakan, bahwa pasien berinisial S (59) ditemukan tak bernyawa di toiltet umum Pondok Nuswantoro pada Senin (11/12/).

Udiyono mengatakan, S yang menderita penyakit darah tinggi, kolesterol, dan sesak nafas awalnya berpamitan ke keluarganya untuk berobat ke Pondok Nuswantoro milik Gus Samsudin di Blitar pada Sabtu (9/12). Namun hingga Senin (11/12), yang bersangkutan tak kunjung pulang.

"Senin sekitar jam 16.00 WIB keluarga korban datang ke Pondok Nuswantoro. Selanjutnya menanyakan perihal keberadaan korban yang tidak pulang sejak hari Sabtu yang sebelumnya berpamitan akan pergi ke Pondok Nuswantoro untuk berobat," kata Udiyono saat dikonfirmasi Jumat (15/12).

Selanjutnya, keluarga kemudian melakukan pengecekkan di buku tamu yang disediakan pihak pondok. Berdasarkan catatan di buku tamu, benar saja korban tiba di Pondok Kuswantoro milik Gus Samsudin pada Sabtu (15/12) pada pukul 15.51 WIB.

Setelah mengecek buku tamu, keluarga kemudian mengadukan hal itu ke Polsek Lobar, Blitar. 

Mereka melaporkan bahwa S terakhir kali berada di Pondok Nuswantoro. Kemudiansekita pukul 18.00 WIB, keluarga dan pihak kepolisian datang ke lokasi untuk melakukan pengecekan CCTV Pondok Nuswantoro.

"Diketahui bahwa Sabtu (9/12/2023), sekitar jam 20.44 WIB korban melaksanakan terapi di pondok dan setelah selesai, terlihat dalam CCTV korban masuk ke dalam kamar mandi umum dan tidak kunjung keluar," ujar Udiyono.

Selanjutnya, kata Udiyono, ketika dilihat dari celah ventilasi, didapati ada jenazah yang tergeletak di kamar mandi. Pintu pun dibuka paksa. Jasad S dan barang-barang korban berupa kalung emas, anting emas, handphone, serta dompet ditemukan masih utuh di lokasi tersebut.

Petugas Polsek Lobar beserta Tim Inafis Polres Blitar pun langsung melakukan evakuasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP). Sementara petugas kesehatan Puskesmas Kademangan melakukan pemeriksaan medis terhadap jenazah korban.