Primaya Hospital Kerjasama dengan Xurya Resmikan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atap Gedung Rumah Sakit

Adhi Laksmanaputra, Vice President Commercial Xurya bersama Leona A. Karnali, CEO Primaya Hospital Group Menandatangani Kerjasama untuk Instalasi PLTS Atap Xurya di Primaya Hospital Bekasi Timur/ist
Adhi Laksmanaputra, Vice President Commercial Xurya bersama Leona A. Karnali, CEO Primaya Hospital Group Menandatangani Kerjasama untuk Instalasi PLTS Atap Xurya di Primaya Hospital Bekasi Timur/ist

Sebagai bukti komitmen terhadap langkah berkelanjutan, Primaya Hospital Group bekerjasama dengan Xurya untuk membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap gedung rumah sakit. 


Primaya Hospital Kerjasama dengan Xurya Resmikan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atap Gedung Rumah Sakit

Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya pertama di Primaya Hospital dilakukan di Primaya Hospital Bekasi Timur dengan panel seluas 2800 m2. 

Panel surya tersebut dapat menghasilkan energi bersih sebanyak 524 ribu kWh setiap tahunnya atau setara dengan penekanan emisi karbon sebesar 469 ribu kilogram per tahun. 

Sebagai gambaran, penekanan emisi karbon yang dihasilkan dari pemasangan PLTS Atap ini setara dengan dampak positif penanaman lebih dari 6.000 pohon.

Pemanasan global merupakan proses peningkatan suhu bumi yang berlebihan, penyebabnya adalah gas rumah kaca yang berlebihan, bukan hanya gas rumah kaca penggunaan energy fosil yang terlalu banyak juga sangat berpengaruh, seperti batu bara dan minyak bumi. 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaporkan, total emisi gas rumah kaca (GRK) dari sektor industri Indonesia mencapai 238,1 juta ton CO2e di tahun 2022. 

Penggunaan panel surya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak lingkungan negatif lainnya yang dihasilkan dari sumber energi konvensional. 

Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Adhi Laksmanaputra, Vice President Commercial Xurya menyampaikan, kesehatan jasmani tentunya tidak terlepas dari lingkungan yang sehat dan bersih. 

Maka dari itu, pemasangan PLTS Atap di Primaya Hospital Bekasi Timur ini bukan hanya suatu proyek transisi energi saja, tapi juga berkaitan langsung dengan misi kesehatan Primaya Hospital. 

"Kami sangat mengapresiasi langkah go-green yang telah diambil oleh Primaya Hospital Group dan berterima kasih karena telah mempercayakan Xurya sebagai partner dalam upaya go-green ini. Untuk mendukung aspirasi RS Primaya, Xurya tidak hanya membantu Primaya Hospital Bekasi Timur dalam instalasi PLTS Atap saja," kata Adhi Laksmanaputra dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (23/12).

"Ke depannya kami juga turut memberikan layanan operations & maintenance secara rutin untuk memaksimalkan performa PLTS Atap. Selain itu, pihak Primaya Hospital Bekasi Timur juga dapat memonitor kinerja sistem PLTS Atap secara real-time dan transparan melalui platform kami," imbuhnya.

Selain penggunaan panel surya, Primaya Hospital Group juga menerapkan program keberlanjutan lainnya seperti upaya pengurangan limbah plastik dengan mengganti air minum kemasan sekali pakai dengan tempat minum yang dapat digunakan berulang kali, menggunakan plastik obat dari bahan degradable, dan mengurangi penggunaan kertas melalui digitalisasi.

Leona A. Karnali, CEO Primaya Hospital Group mengatakan seperti diketahui, isu pemanasan global telah menjadi perhatian seluruh dunia saat ini.

"Termasuk kami di industri kesehatan. Dimana pastinya dibutuhkan energi yang besar untuk operasional pelayanan kesehatan sehari-harinya. Besar harapan kami, dengan pemasangan panel surya di gedung rumah sakit kami, dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan bumi dan lingkungan yang berkelanjutan," ujarnya.

PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) adalah perusahaan energi terbarukan yang berbasis di Indonesia dengan visi untuk merevolusi industri energi Indonesia. 

Xurya mempelopori metode sewa TANPA INVESTASI untuk memberikan insentif kepada perusahaan komersial dan industri untuk beralih ke energi surya.

Xurya bertujuan untuk memudahkan perusahaan menggunakan energi bersih dan terbarukan dengan memberikan one stop service kepada pelanggannya mulai dari desain, studi kelayakan, instalasi, pengoperasian dan pemeliharaan serta pendanaan.

Sampai saat ini, Xurya telah memasang dan mengoperasikan PLTS Atap di lebih dari 100 perusahaan di seluruh Indonesia, dari berbagai industri, seperti cold storage, hotel, logistik pusat perbelanjaan, rumah sakit, kawasan industri, manufaktur (air mineral, baja, ban mobil, benih sayuran, beton, biskuit, cat, consumer goods, keramik, kimia, makanan, tekstil, dll), mulai dari Medan, Palembang, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Makassar.

Primaya Hospital adalah Rumah Sakit dengan standar pelayanan PRIMA - Profesional, Rapi, Ibadah, Mendengarkan dan Asertif - yang mengutamakan mutu keselamatan pasien.

"Kami memberikan layanan kesehatan yang menyeluruh untuk masyarakat Indonesia dan warga negara asing (WNA) dengan teknologi yang mumpuni serta memberikan layanan pasien dengan jaminan dari berbagai perusahaan, asuransi, BPJS, maupun pribadi. Untuk menjangkau kebutuhan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Primaya Hospital memiliki 15 jaringan rumah sakit yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Semarang, Sukabumi, Makasar, Palangkaraya, dan Pangkal Pinang. 

Beberapa layanan unggulan yang disediakan bagi pasien antara lain Pusat Layanan Jantung Dan Pembuluh Darah, Ibu Dan Anak, Sport Clinic & Orthopedic, Kanker, Diabetes, Urologi, Geriatri, Kesehatan Mata, dan lainnya. Primaya Hospital memiliki fasilitas pelayanan yang lengkap seperti layanan Gawat Darurat, Radiologi, Laboratorium, dan Farmasi yang buka 24 jam.

"Selain itu, kami memiliki area parkir yang luas, ruang edukasi pasien, ruang poli yang nyaman, ruang laktasi, ATM Center, Musholla, WiFi untuk keluarga pasien, kantin, dan fasilitas lainnya yang nyaman," pungkasnya.