Hadiri Acara Pesta Anak Nongkrong di Surabaya, Zulhas Borong Lapak UMKM 

Zulkifli Hasan saat kunjungan di kegiatan Pesta Anak Nongkrong/ RMOLJatim
Zulkifli Hasan saat kunjungan di kegiatan Pesta Anak Nongkrong/ RMOLJatim

Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar acara "Pesta Anak Nongkrong" di Lapangan Ole-Ole Ngagel, Surabaya.


Kegiatan tersebut melibatkan puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah setempat, sejak 22 hingga 24 Desember 2023.

Hadir di lokasi, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan acara tersebut merupakan langkah memberikan wadah mempromosikan beragam merek dagang milik pelaku UMKM.

"UMKM itu pondasi itu pendukung utama perekonomian Indonesia," kata Zulhas sapaan akrabnya saat sesi konferensi pers di lokasi acara.

Oleh karena itu, kata dia jika target Indonesia Emas di 2045 terwujud, maka industri UMKM Tanah Air musti dilakukan penguatan, baik itu dari segi jaringan pemasaran, peningkatan kualitas, hingga inovasi yang ditampilkan pada produk dagangan.

"Jadi kalau Indonesia maju di 2045, maka yang menentukan itu UMKMnya," ujarnya.

Acara "Pesta Anak Nongkrong" yang digelar oleh PAN juga dihadiri oleh artis Raffi Ahmad.

Raffi menyatakan selalu mendukung perkembangan industri UMKM, terlebih saat ini masih banyak pelaku usaha di sektor tersebut yang baru bangkit usai terdampak pandemi.

"Saya setuju dengan UMKM yang harus diberikan ruang dan tempat, apalagi setelah pandemi ini banyak yang baru bangkit jadi harus diberikan ruang," ujarnya.

"Sultan Andara" itu optimistis ketika UMKM bergeliat, maka kondisi perekonomian Indonesia semakin terangkat.

"UMKM itu bayangkan saja kalau hidup, maka ekonomi bangsa juga semakin hidup," ucapnya.

Sementara, dia berkomitmen terus membantu mengembangkan usaha milik para pelaku UMKM, sama seperti ketika masa pandemi Covid-19.

"Saya kalau sama UMKM nol rupiah, waktu Covid-19 itu bisa sampai 50 kali sehari mempromosikan UMKM dan itu semua gratis," kata dia.

Acara di Surabaya ini juga menjadi rangkaian acara serupa yang sebelumnya digelar oleh PAN di Semarang dan Bandung dengan menggandeng Jak Cloth.

Dalam kesempatannya, Zulhas memborong dagangan pada semua stand yang berjualan di sekitar. 

Sementara acara yang digelar oleh PAN itu juga turut menghadirkan sejumlah band Tanah Air, seperti Stand Here Alone, Icez Buzz Ikmal Tobing Mita Of T.R.I.A.D tribute to Dewa 19, Pertelon Koplo, Fake Dopp, Tersesat di Teras, hingga Semalam Suntuk.