Yan Piet Mosso hingga Rafael Alun Rayakan Natal di Rutan KPK

 Rutan KPK di Gedung Merah Putih/RMOL
Rutan KPK di Gedung Merah Putih/RMOL

Mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Rafael Alun Trisambodo hingga mantan Penjabat (Pj) Bupati Sorong Yan Piet Mosso akan merayakan Natal tahun 2023 ini di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, Kepala cabang Rutan KPK Achmad Fauzi memberikan kesempatan bagi para keluarga tahanan untuk dapat berkumpul bersama dengan para tahanan dalam rangka merayakan hari Natal.

"Saat ini, ada 24 orang tahanan yang akan merayakan Natal," kata Ali kepada wartawan, Minggu pagi (24/12).

Ibadah Natal bagi para tahanan tersebut kata Ali, dilaksanakan terpusat di Rutan Gedung Merah Putih KPK. Sedangkan yang ada di Rutan Puspomal diselenggarakan tersendiri.

"Jadwal ibadah dari pukul 13.30 WIB sampai dengan 15.00 WIB," terang Ali.

Sedangkan layanan kunjungan dan penerimaan makanan kata Ali, dilaksanakan pada Senin (25/12) mulai pukul 10.00-12.00 WIB, dan waktu penerimaan makanan mulai pukul 07.30-09.30.

Ali menjelaskan, tahanan hanya diperbolehkan dikunjungi oleh keluarga inti dengan izin dari pihak penahanan, baik tim penyidik, tim Jaksa, dan Majelis Hakim.

"1 tahanan diperbolehkan menerima 3 pengunjung. Tidak diperkenankan membawa makanan, minuman, alat komunikasi hingga alat elektronik yang dapat mengganggu dan membahayakan keamanan maupun ketertiban. Dibuka juga layanan kunjungan secara virtual," pungkas Ali.

Sementara itu, tahanan di Rutan KPK Cabang Guntur yang beragama Nasrani yang akan merayakan Natal adalah Heriyanto selaku Dirut Perumda Benuo Taka, Walbertus Natalius wisang (titipan Kejagung), Budiyanto Wijaya selaku swasta, Maniel Syatfle selaku Staf BPKAD Kabupaten Sorong, dan Efer Segidifat selaku Kepala BPKAD Kabupaten Sorong.

Selanjutnya tahanan yang beragama Nasrani di Rutan KPK cabang Gedung Merah Putih, yakni Victor Sitorus selaku Wakil Presiden PT Widya Sapta Colas (Wasco) periode 2013-2015 atau kontraktor, Lukas Enembe selaku mantan Gubernur Papua namun saat ini dibantarkan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rafael Alun Trisambodo selaku mantan pejabat Ditjen Pajak.

Selanjutnya, Gerius One Yoman selaku Kepala Dinas PUPR Pemprov Papua tahun 2018-2021, Mulsunadi Gunawan selaku Komisaris Utama PT Multi Grafika Cipta Sejati (MGCS), Gustaf Urbanus patandianan selaku swasta, Patrice Lumumba Sihombing selaku Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua Barat.

Kemudian, Alexander Kristian Diliyanto Silaen selaku Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Bondowoso, Riado Sinaga selaku PPK pada Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah 1 Kaltim, Syntho Pirjani Hutabarat selaku PPK dari paket besar kegiatan surat berharga syariah negara (SBSN) di Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung pada Satuan Kerja Lampegan-Cianjur untuk proyek peningkatan jalur kereta api Lampengan-Cianjur 2023-2024, dan Maria Febri Valentine selaku Pelaksana Verifikasi dan Perekaman Akuntan.

Selanjutnya tahanan yang berada di Rutan KPK pada Gedung C1, yakni Luhut silaban selaku anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019, David Patasaung selaku Ketua Tim Pemeriksa BPK Provinsi Papua Barat, Suryadi Halim selaku Komisaris PT Rimbo Peraduan (RP), dan Lernhard Febrian Sirait selaku Staf PPK.

Lalu tahanan yang beragama Nasrani di Rutan KPK pada Puspomal, yakni Stefanus Roy Rening selaku pengacara, Richard Cahyanto selaku General Manager (GM) PT Primalayan Teknologi Persada (PTP) sekaligus Direktur PT Envio Global Persada (EGP), Yan Piet Mosso selaku PJ Bupati Sorong, dan Stevi Thomas selaku swasta.