24 Tahanan KPK Rayakan Natal di Rutan

24 tahanan KPK mengikuti kebaktian Natal di Rutan/Ist
24 tahanan KPK mengikuti kebaktian Natal di Rutan/Ist

Sebanyak 24 orang tahanan KPK mengikuti kebaktian pada perayaan Natal tahun 2023 dengan khidmat di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK.


Kepala Cabang Rutan KPK, Achmad Fauzi mengatakan, sebanyak 24 orang tahanan KPK mengikuti kegiatan kebaktian perayaan Natal pada Senin (25/12) pagi. Sebanyak 20 orang diantaranya mengikuti kebaktian Natal di Rutan KPK, sedangkan 4 lainnya di Rutan KPK yang ada di Puspomal.

"Ibadah Natal berlangsung pada pukul 13.30-15.00 WIB dengan dipimpin oleh Pendeta Djefri Kansil. Kebaktian mengangkat tema 'Only by His Grace' (Yohanes 3:16)" kata Fauzi kepada wartawan, Senin sore (25/12).

Sementara itu kata Fauzi, pada pagi tadi, KPK juga telah menerima 95 orang pengunjung yang datang langsung ke Rutan. Para keluarga dan kerabat tersebut mengunjungi 31 tahanan KPK dari total 89 orang tahanan KPK saat ini.

"Layanan kunjungan ini tentunya tidak hanya untuk yang merayakan Natal saja, namun dipersilakan bagi seluruh tahanan KPK. Selain itu, 15 orang tahanan KPK juga menerima kunjungan dari para keluarga dan kerabatnya secara virtual," pungkas Fauzi.

Berdasarkan data yang diperoleh redaksi, tahanan di Rutan KPK Cabang Guntur yang beragama Nasrani yang merayakan Natal adalah, Heriyanto selaku Dirut Perumda Benuo Taka, Walbertus Natalius wisang (titipan Kejagung), Budiyanto Wijaya selaku swasta, Maniel Syatfle selaku Staf BPKAD Kabupaten Sorong, dan Efer Segidifat selaku Kepala BPKAD Kabupaten Sorong.

Selanjutnya tahanan di Rutan KPK cabang Gedung Merah Putih, yakni Victor Sitorus selaku Wakil Presiden PT Widya Sapta Colas (Wasco) periode 2013-2015 atau kontraktor, Lukas Enembe selaku mantan Gubernur Papua namun saat ini dibantarkan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rafael Alun Trisambodo selaku mantan pejabat Ditjen Pajak.

Selanjutnya, Gerius One Yoman selaku Kepala Dinas PUPR Pemprov Papua tahun 2018-2021, Mulsunadi Gunawan selaku Komisaris Utama PT Multi Grafika Cipta Sejati (MGCS), Gustaf Urbanus patandianan selaku swasta, Patrice Lumumba Sihombing selaku Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua Barat.

Kemudian, Alexander Kristian Diliyanto Silaen selaku Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Bondowoso, Riado Sinaga selaku PPK pada Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah 1 Kaltim, Syntho Pirjani Hutabarat selaku PPK dari paket besar kegiatan surat berharga syariah negara (SBSN) di Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung pada Satuan Kerja Lampegan-Cianjur untuk proyek peningkatan jalur kereta api Lampengan-Cianjur 2023-2024, dan Maria Febri Valentine selaku Pelaksana Verifikasi dan Perekaman Akuntan.

Selanjutnya tahanan yang berada di Rutan KPK pada Gedung C1, yakni Luhut silaban selaku anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019, David Patasaung selaku Ketua Tim Pemeriksa BPK Provinsi Papua Barat, Suryadi Halim selaku Komisaris PT Rimbo Peraduan (RP), dan Lernhard Febrian Sirait selaku Staf PPK.

Lalu tahanan di Rutan KPK pada Puspomal, yakni Stefanus Roy Rening selaku pengacara, Richard Cahyanto selaku General Manager (GM) PT Primalayan Teknologi Persada (PTP) sekaligus Direktur PT Envio Global Persada (EGP), Yan Piet Mosso selaku PJ Bupati Sorong, dan Stevi Thomas selaku swasta.