Arus Balik Nataru, Jasa Marga Buka Jalur Fungsional Secara Gratis Hingga 3 Januari

foto/net
foto/net

PT Jasa Marga Jogja Solo kembali membuka Jalur fungsional pada arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) melewati Jalan Tol Jogja-Solo secara gratis.


Jalur fungsional ini beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Karanganom menuju GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa).

"Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu," kata Direktur Utama PT JMJ Suchandra Hutabarat, Selasa (2/1).

Diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, saat arus mudik Natal PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mencatat sebanyak 107.321 kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Segmen Kartasura s.d Karanganom sepanjang 13 KM.

Di mana, pihaknya mencatat volume lalu lintas tertinggi tercatat pada Minggu (24/12), dengan total 12.517 kendaraan dengan peningkatan tertinggi ke arah Jogja sebesar 7.966 kendaraan.

"Angka ini merupakan jumlah kendaraan yang melewati jalur fungsional selama 10 (sepuluh) hari, yaitu pada 22-31 Desember 2023 yang beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta," terang Suchandra Hutabarat.

Kini, lanjut dia, dalam tiga hingga besok tanggal 3 Januari 2024 PT JMJ bersiap menerima arus balik kendaraan yang akan lewati Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo.

"Jalan tol ini memang difungsikan untuk mendukung arus balik sesuai jadwal pada tanggal 01 s.d 03 Januari 2024 secara satu arah dari Jogja ke Solo," pungkasnya.

Dia menyampaikan bahwa, total 107.321 kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo selama 10 hari tersebut terdiri dari 58.736 kendaraan tujuan Klaten/Yogyakarta, sebanyak 44.575 kendaraan yang menuju Jalan Tol Trans Jawa via GT Banyudono, serta sebanyak 4.001 kendaraan yang keluar tol melalui GT Banyudono dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa).

Selama jalur fungsional dibuka untuk arus mudik, kondisi terpantau aman, terkendali dan pengguna jalan juga cukup tertib dalam berkendara selama melewati jalur fungsional ini.