Hujan Lebat Lereng Bromo, Tiga Dusun di Probolinggo Terendam Banjir

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Hujan deras dengan intensitas tinggi, di lereng gunung Bromo membuat tiga dusun di Kabupaten Probolinggo diterjang banjir pada Sabtu 27 Januari 2024.


Banjir yang menerjang tiga dusun di Kabupaten Probolinggo itu, terjadi di Dusun Wringinan, Dusun Krajan dan Dusun Prapatan Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo.

Berdasarkan informasi Kantor Berita RMOLJatim, hujan dengan intensitas tinggi itu terjadi pada pukul 14.30 WIB hingga malam.

Pada saat hujan dengan intensitas tinggi tersebut, mengakibatkan debit air sungai naik dan pasangnya air laut.

Sehingga mengakibatkan banjir genangan dan memasuki pemukiman warga di wilayah bagian Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo.

Dalam peristiwa banjir itu, dilaporkan oleh BPBD Kabupaten Probolinggo tidak sampai menelan korban jiwa.

Hanya saja, ratusan warga terdampak banjir di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo ini.

Pusdalops PB berkoordinasi dengan pihak terkait dalam penanganan banjir di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo ini.

Bahkan, TRC PB melaksanakan pemantauan, identifikasi dan assessment dampak kejadian banjir yang menerjang tiga dusun tersebut.

"Dihimbau kepada masyarakat setempat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim," tulis admin BPBD Kabupaten Probolinggo.

BPBD Kabupaten Probolinggo juga menyebutkan, apabila terjadi kejadian dampak bencana khususnya di wilayah Kabupaten Probolinggo dapat melaporkannya.

Berikut data Ratusan Warga Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo:

1. Dusun Wringinan  - 50 KK

RT 05 RW 02

RT 06 RW 02

2. Dusun Krajan - 400 KK

RT 07 RW 03

RT 08 RW 03

RT 09 RW 03

RT 10 RW 03

RT 11 RW 03

3. Dusun Prapatan Blok Tambak Agung - 150 KK

RT 12 RW 04

RT 13 RW 04